Home News Lempeng Kali Serang Kedung Kemin Kulon Progo, Wisata Alam yang Masih Perawan

Lempeng Kali Serang Kedung Kemin Kulon Progo, Wisata Alam yang Masih Perawan

2646
0
Wisata alam Lempeng Kali Serang Kedung Semin, di Dusun Paingan, Kelurahan Sendangsari, Kapanewon (Kecamatan) Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Foto: Kiriman Isnu Hardoyo, Komunitas Jalan Kaki Guyub Rukun Alun-alun Wates)

BERNASNEWS.COM — Dibandingkan dengan tiga kabupaten lainnya seperti Kabupaten Sleman, Bantul dan Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) perihal kekayaan destinasi atau obyek wisata alam, Kabupaten Kulon Progo dapat dikatakan sama istimewanya dengan tiga kabupaten tersebut. Sebenarnya masih cukup banyak potensi wisata alam yang belum tereksplorasi selama ini di Kabupaten Kulon Progo.

Fenomena alam berupa hamparan lempengan batu putih yang bersusun di Kali Serang Kedung Kemin, Dusun Paingan, Kelurhan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kulon Progo. Foto diambil Kamis (1/10/2020). Foto: Kiriman Isnu Hardoyo.

Salah satu contoh, adalah keindahan alam Lempeng Kali Serang Kedung Semin, di Dusun Paingan, Kelurahan Sendangsari, Kapanewon (Kecamatan) Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Hal itu disampaikan oleh Isnu Hardoyo, SH Anggota Komunitas Jalan Kaki Guyub Rukun Alun-alun Wates, kepada Bernasnews.com, Kamis (1/10/2020).

“Usai jogging pagi di Alun-alun Wates, Kulon Progo. Lantas saya menemani ndulur Komunitas Jalan Kaki Guyub Rukun menyapa keindahan alam Lempeng Kali Serang Kedung Kemin. Obyek wisata ini relatif masih anyar, baru sekitar dua bulanan dieksplorasi oleh Karang Taruna desa setempat,” ungkap Isnu Hardoyo.

Isnu Hardoyo, SH Anggota Komunitas Jalan Kaki Alun-alun Wates, Kulon Progo foto di dekat rambu yang dipasang oleh Karang Taruna desa setempat. (Foto: Kiriman Isnu Hardoyo)

Dikatakan, lanskap keindahan fenomena alam berupa lempengan batu putih yang bersusun dengan aliran air sungai nan jernih di antara dua bukit dan sekelilinginya pepohonan lebat menghijau. “Sungguh indah dan menakjubkan. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan pun dapat bermain air. Cekungan-cekungan (kedung) yang lumayan dalam telah diberi tanda oleh Karang Taruna,” jelas Isnu.

Menurutnya, sebagai destinasi wisata masih dapat dikembangkan dengan berbagai fasilitas permainan, seperti flying fox di atas kali dengan menghubungkan dua bukit. “Selain itu bagi yang gemar wisata ziarah, di atas bukit itu terdapat makam sepuh (tua) Eyang Sumedang dan Eyang Gembel. Hanya saja akses jalan perlu diaspal dan diperlebar,” kata mantan karyawan sebuah koran besar di Jakarta itu.

Sekeliling obyek wisata masih tampak lebatnya pepohonan yang menghijau. (Foto: Kiriman Isnu Hardoyo)

Aksesbiltas menuju obyek wisata alam Lempeng Kali Serang Kedung Semin, dari Pasar Hewan (baru) Pengasih ke timur hingga jembatan, kemudian naik ke atas. “Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu dan saya meyakini tempat ini berprospek bagus menambah kekayaan wisata Kulon Progo. Harapannya desanya maju, masyarakatnya sejahtera,” tutup Isnu Hardoyo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here