Home News Legal Expo 2021, Gelaran Expo Hukum Terbesar di Indonesia

Legal Expo 2021, Gelaran Expo Hukum Terbesar di Indonesia

184
0
Flyer Legal Expo 2021. Foto: Panitia

BERNASNEWS.COM – Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) angkatan 1991 bersama dengan Irma Devita Learning Center (IDLC) menyelenggarakan Legal Expo 2021 pada 11-13 November 2021. Acara dalam rangka Pearl Reunion ini merupakan wujud pengabdian dalam pemerataan kesempatan belajar di bidang hukum kepada masyarakat di seluruh Indonesia dengan memberikan berita dan informasi hukum terkini serta bagaimana penerapannya dengan cara yang mudah dipahami.

Legal Expo 2021 ini merupakan pelaksanaan expo untuk berbagai topik hukum yang diselenggarakan secara gratis. Sebagaimana layaknya expo, akan ada banyak materi hukum yang dibahas oleh pakar hukum yang berskala nasional dan internasional. Sampai saat ini sekitar 2.000 mahasiswa fakultas hukum dari berbagai universitas di seluruh Indonesia telah mendaftarkan dirinya.

Menurut Sakurayuki selaku Ketua Panitia Legal Expo 2021 dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com pada Selasa, 2 November 2021, Legal Expo 2021 yang dilaksanakan secara virtual ini menghadirkan 91 online legal session dengan 91 kontributor yang terdiri dari Lawyers, In-House Counsels, Notaris, praktisi hukum, akademisi, birokrat, kurator, diplomat, pengusaha, masyarakat umum serta para pemerhati hukum. Rangkaian acara dimulai 1 November 2021 dengan bincang-bincang santai dan dilanjutkan dengan Legal Expo selama 3 hari berturut-turut.

Rangkaian acara Legal Expo 2021 berisi peluncuran buku ‘Antologi Untaian Mutiara Hukum Lintas Praktik dan Sektor’ yang memuat 30 artikel, ditulis oleh 27 penulis alumni FHUI 1991, 38 sesi webinar dan 50 seri podcast bincang-bincang seputar pengembangan hukum di Indonesia, serta 48 sharing moment dalam bentuk meet and greet bersama para  expert dari berbagai lawfirm, kantor notaris, perbankan, curator, serta berbagai profesi hukum lainnya.

Menurut Sakurayuki, acara ini dibuat sebagai forum berbagi ilmu, pengalaman dan inspirasi dari para alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Angkatan 1991. Berakar sebagai seorang lulusan sarjana hukum, melewati lika-liku perjalanan karir dan kehidupan, tentunya banyak ilmu dan pengalaman yang layak dibagikan. So, this is the time to give back! Berbagi ilmu hukum dari segi teori dan praktek serta lintas sektor, termasuk sektor perbankan, digital, institusi keuangan, fintech, energi dan infrastruktur, dan banyak lagi, serta inspirasi perjalanan karir dan kehidupan para narasumber yang layak dipetik.

Menurut Yuki, selama ini bidang hukum selalu dipahami sebagai sebuah ilmu yang sulit dan membutuhkan pengetahuan khusus untuk mempelajarinya. Seiring dengan perkembangannya, ia berubah menjadi materi yang butuh dikemas semenarik mungkin agar lebih banyak diminati. Padahal, setiap hari manusia secara sadar atau tidak selalu berhubungan dengan hukum baik dalam lingkup kecil maupun yang luas. Oleh karena itu, pembelajaran dan penyampaian terkait hukum butuh dikemas dengan menarik, agar masyarakat secara umum bisa lebih melek hukum dan memahaminya dengan mudah dan menyenangkan.

Sementara Irma Devita selaku Founder dari IDLC menyatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi para praktisi hukum, mahasiswa hukum dan juga masyarakat luas yang ingin mendapatkan pengalaman dan mengetahui berbagai isu terkait  hukum. Legal Expo ini juga memberikan informasi kesempatan magang di berbagai kantor hukum ternama di Jakarta, Bank Indonesia, Bappenas, Indonesia Financial Group (IFG) serta institusi bergengsi lainnya bagi mahasiswa yang terpilih seleksi. Tidak hanya informasi magang,  informasi terkait beasiswa ke luar negeri langsung dari Kedubes Amerika Serikat, Kedubes Belanda dan juga ratusan beasiswa dalam negeri juga akan dibawakan oleh Indonesia Scholarship Center (ISC).

Selain sebagai sarana untuk memberikan edukasi bidang hukum, Irma berharap bahwa rangkaian Legal Expo 2021 ini bisa memberikan pengalaman dan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan dan memajukan studi, memperluas jaringan dan meningkatkan karir di bidang hukum. Kesempatan yang sangat bagus bagi setiap insan hukum yang ingin selalu terus mengembangkan dirinya untuk bisa mendaftarkan dirinya dan ikut dalam acara-acara yang diminatinya. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here