Home News Lebih 15 000 Peserta UTBK-SBMTN 2021 Mengadu Nasib Untuk Diterima di UNY

Lebih 15 000 Peserta UTBK-SBMTN 2021 Mengadu Nasib Untuk Diterima di UNY

279
0
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Karangmalang, Kabupaten Sleman, DIY. (Foto: Repro uny.ac.id)

BERNASNEWS.COM — Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) siap menyelenggarakan UTBK-SBMPTN tahun 2021 . Sesuai jadwal yang dirilis dari LTMPT bahwa pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2021 dilaksanakan dalam dua gelombang yaitu, Gelombang I, tanggal 12 –  18 April 2021 dan Gelombang II, tanggal 26 April – 02 Mei 2021. Ketua Admisi UNY Dr. Setya Raharja  menyampaikan, bahwa peserta yang mengikuti UTBK-SBMPTN di UNY mencapai 15 ribu lebih, dengan rincian Gelombang I sejumlah 8.402 orang dan Gelombang II sejumlah 6.968 orang.

Dalam pelaksanaannya, untuk setiap sessinya akan mempergunakan   40 ruang yang terbagi  dalam  6 group. Untuk Grup 1 di FBS, FIK, LTC; Grup 2 di Digilib dan FIP; Grup 3 di FMIPA; Grup 4 di FE dan FIS; Grup 5 FT dan Grup 6 di Limuny dan LPMPP. “Dengan total kapasitas untuk setiap sessinya berjumlah 750. Jumlah ini sudah menyesuaikan dengan protokol kesehatan yaitu jarak antar peserta lebih dari 1,8 meter,” papar Setya Raharja dalam rilis, Minggu (11/4/2021).

Lebih lanjut, Setya Raharja memberikan penjelasan terkait tentang peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang sakit/terpapar covid/terindikasi Covid-19 mengacu dari LTMPT yang berbunyi, sebagai berikut: “Peserta UTBK/SBMPTN sudah mengetahui bahwa syarat mengikuti UTBK harus dalam kondisi sehat (sudah tertera pada kartu peserta) dan memenuhi protokol kesehatan dan kondisi sehat (tidak sakit/positif covid-19). Oleh karena itu, apabila peserti tidak memenuhi syarat sehat, maka tidak diizinkan mengikuti UTBK. “

“Dengan demikian pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2021 tidak ada relokasi atau penambahan sesi bagi peserta yang sakit/positif Covid-19,” tegas Setya Raharja, dalam rilis yang dikirim untuk media, Minggu (11/4/2021).

Ketua Admisi UNY Dr. Setya Raharja. (Foto: Dok. Pribadi)

Sejalan dengan hal tersebut, berdasarkan keterangan dari Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd, bahwa sebelum pelaksanaan UTBK-SBMPTN, UNY telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta melalui  Tim C3 UNY yang pada prinsipnya tidak ada kendala, sehingga UNY siap untuk menggelar UTBK-SBMPTN Tahun 2021 ini.

“Namun demikian untuk semua panitia diharapkan untuk tetap selalu mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, dilengkapi fasilitas dan peralatan penunjang untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN yang telkah disediakan dan disesuaikan dengan kebutuhan prokes,” ungkap Setyo Budi Takarina.

Dikatakan, peserta dimohon menjaga kesehatan dan disarankan tetap tinggal di rumah sebelum pelaksaan ujian. Peserta wajib membawa dan menunjukkan hasil test Covid-19 dengan hasil negatif/non reaktif yang masih berlaku baik test swab antigen/swab PCR/G-Nose. “Mengikuti protokol kesehatan meliputi pengukuran suhu badan, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengenakan maser standar dan disarankan mengenakan face shield. Wajib menjaga jarak dengan orang lain,” tutup Setyo Budi Takarina. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here