Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeLarangan Ghibah dan Hukumnya dalam Islam

Larangan Ghibah dan Hukumnya dalam Islam

bernasnews.com – Simak larangan ghibah dan ham yang perlu Anda ketahui sebagai umat Muslim beserta hukumnya dalam Islam.

Perilaku ghibah atau bisa disebut juga bergunjing atau bergosip dan membicarakan keburukan orang lain memang tak jarang membuat seseorang merasa seru. Akan tetapi hal itu menjadi salah satu perbuatan tercela yang dihindari oleh umat Islam karena merupakan salah satu perbuatan dosa yang dibenci Allah SWT.

Perlu diketahui, ghibah dapat membawa kerugian, baik untuk orang lain maupun diri sendiri. Ghibah merupakan perbuatan zalim yang dilaknat oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, ghibah harus dijauhi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam agama Islam, adl larangan ghibah karena berisiko menimbulkan fitnah apalagi jika ternyata yang digosipkan tak sesuai dengan kenyataan atau faktanya. Ghibah juga merupakan perbuatan yang sangat dekat dengan perbuatan buruk lainnya seperti iri, dengki, hingga fitnah.

Larangan ghibah bahkan tertuang jelas dalam Al Qur’an surat Al Hujurat ayat 12 yang berbunyi sebagai berikut:

Yaa ai-yuhaal-ladziina aamanuu ijtanibu katsiiran minazh-zhonni inna ba’dhazh-zhanni itsmun wala tajassasuu walaa yaghtab ba’dhukum ba’dhan ayuhibbu ahadukum an ya’kula lahma akhiihi maitan fakarihtumuh wattaqullaha innallaha tau-sabun rahimun

Arti surat Al Hujurat ayat 12

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka buruk (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka buruk itu dosa. Dan janganlah sebagian kalian mencari-cari keburukan orang dan menggunjing satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Cara Menghindari Ghibah

Seperti yang sudah disampaikan, ghibah adalah perbuatan zalim yang dapat membawa kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain. Karenanya, Anda harus menghindari kegiatan tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari ghibah diantaranya seperti memperdalam ilmu agama. Selain itu perilaku ghibah juga bisa disebabkan karena pikiran negatif yang muncul. Untuk itu, seseorang harus berpikiran positif untuk menghindari ghibah.

Kegiatan ghibah tidak akan bermula jika tidak ada orang yang memulai bahkan menanggapinya. Karenanya, untuk menghindari ghibah, Anda bisa menahan diri untuk tidak memulai atau bahkan menanggapi jika ada seseorang yang bergosip.

Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Itulah penjelasan tentang larangan ghibah dan juga hukumnya serta hadist dalam Islam. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments