Home News Langit Biru Pantai Parangkusumo Dihiasi Layang-layang Merah Putih

Langit Biru Pantai Parangkusumo Dihiasi Layang-layang Merah Putih

725
0
Kemeriahan suasana di langit biru Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Senin (17/8/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Suasana Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Senin (17/8/2020), tampak sedikit berbeda. Selain lebih ramai dibanding hari-hari biasanya, langit warna biru cerah sejak pagi hingga siang hari itu tampak meriah.

Sejumlah layang-layang aneka warna dengan dominasi warna merah putih melayang-layang di atas pantai berpasir putih kecoklatan itu. Ya, sejak pagi hingga siang di pantai dengan angin yang cukup kencang dengan suara ombak yang bergemuruh itu berkumpul puluhan pegiat layang-layang dari berbagai daerah yang tergabung dalam komunitas Talikama.

Layang-layang Merah Putih yang dikibarkan pegiat layang-layang yang tergabung dalam komunitas Talikama di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Senin (18/8/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Mereka ikut memperingati HUT ke-75 Kemerdekan RI dengan upacara bendera, dimana pengibaran mendera Merah Putih dilakukan dengan cara yang unik, yakni menggunakan tali layang-layang sebagai tiang bendera. Bendera Merah Putih berukuran 2 x 2 meter itu pun berkibar megah di angkasa yang dipayungi langit biru diiringi suara ombak yang menderu ke tepi pantai.

“Ini cara kami mengibarkan bendera Merah Putih dengan menggunakan media layang-layang sebagai tiang. Hal ini sesuai dengan keseharian kami yang hobo bermain layang-layang,” kata Ir RM Herjuno Sukotjoadi, Ketua Umum Talikama, kepada Bernasnews.com sesaat sebelum upacara bendera 17 Agustus 2020, Senin (17/8/2020) pagi.

Pengibarang bendera Merah Putih, Senin (17/8/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Tak ayal kemeriahan itu pun menarik perhatian wisatawan. Ratusan wisatawan dari berbagai tempat ikut menyaksikan upacara bendera yang diadakan Talikama di tepi pantai sambil menikmati pemandangan indah pantai selatan itu.

Menurut Herjuno Sukotjoadi yang didampingi Sekretaris Talikama Anang Sarjiyanto dan anggota Tim Teknis Layang-layang KRAP Eri Ratmanto, upacara pengibaran bendera Merah Putih di obyek wisata juga dalam rangka untuk menciptakan suasana untuk menambah daya tarik bagi wisatawan.

Keramaian di Pantai Parangkusumo, Senin (17/8/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dari pengamatan Bernasnews.com, jalan menuju Pantai Parangtritis pada Senin (17/8/2020) pagi, tampak ramai. Dengan membayar Rp 10.000 di pintu TPR (tempat penarikan retribusi) yang buka sejak pagi, para wisatawan berbondong-bondong ke obyek wisata pantai yang terkenal itu. Sepanjang Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo pun tampak ramai dengan pengunjung/wisatawan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here