Home News Langenastran Bergerak Mencegah Covid-19

Langenastran Bergerak Mencegah Covid-19

562
0
Penyemprotan Disinfektan dalam rangka pencegahan Covid-19 oleh Pengurus dan Warga RW 03 Langenastran, Panembahan, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Pengurus RW 03 Langenastran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta melakukan koordinasi dan aksi untuk pencegahan Pandemi Covid-19. Pencegahan yang dilakukan dengan tetap mengacu Surat Edaran Walikota Yogyakarta, serta informasi dari Kecamatan Kraton dan Kelurahan Panembahan.

Beberapa kebijakan serta aksi yang telah dilakukan antara lain: (1) memberi informasi yang edukatif tentang pandemik Covid-19 kepada seluruh warga. (2) Memberikan informasi bahwa tamu yang datang harus lapor Ketua RW/ RT. (3) Menerapkan ketentuan setiap tamu harus memeriksakan dulu ke dokter/ Puskesmas/ RS dan menjalani isolasi selama 14 hari. (4) Melakukan penyemprotan disinfektan setiap seminggu sekali. (5) Pengumpulan donasi untuk berjaga-jaga jika ada warga yang terdampak secara ekonomi.

Warga berpartisipasi dalam kegiatan penyeprotan disinfektan, di wilayah RW 03 Langenastran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

“Memberikan pemahaman terkait dengan pandemi Covid-19 kepada warga memang tidak mudah, hal tersebut terkait dengan pemahaman warga terhadap pandemi Covid-19 juga berbeda-beda,” ungkap RM Hermunanto selaku Ketua RW 03 Langenastran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Jumat (3/4/2020).

Terkait dengan hal tersebut maka informasi yang dilakukan cukup intensif melalui media sosial (WhatsApp Group) serta informasi tertulis yang diberikan kepada setiap keluarga. Menurut Hermunanto, sampai sejauh ini informasi yang diberikan cukup efektif sehingga sebagai besar memahami informasi yang disampaikan. Sejumlah spanduk yang berisi informasi “Tamu Wajib Lapor” juga dipasang di Jalan. Langenastran Lor. Pemasangan spanduk tersebut dilakukan sejak minggu yang lalu.

Pada minggu kemarin tepatnya Kamis (26/03/2020) juga dilakukan penyemprotan oleh Pemuda Langenastran dibawah koordinasi Ketua Kampung Langenastran Sunu Raharjo dan koordinator pelaksana lapangan Heru Pur. Penyemprotan dilakukan mencakup ketiga RW di Langenastran, Panembahan yaitu RW 01, RW 02, dan RW 03.

Kegiatan penyemprotan disinfektan juga dilakukan oleh Pengurus RW 03 Langenastran. Pelaksanaan penyemprotan dilaksanakan pada hari Kamis (02/04/20) mencakup wilayah RT 07, RT 08, dan RT 09 di wilayah RW 03 Langenastran, Panembahan. “Penyemprotan ini dilaksanakan atas inisiatif pengurus dan didukung oleh warga RW 03,” jelas M. Dwi Pramono selaku Sekretaris RW 03 Langenastran, Panembahan. Penyemprotan rutin akan dilakukan seminggu sekali bergantian dengan penyemprotan yang dilakukan oleh Pemuda Langenastran.

Tim Penyemprotan Disinfektan Pemuda Kampung Langenastran, terdiri dari gabungan RW 01, RW 02, dan RW 03 Panembahan, Kraton, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Pengurus dan warga RW 03 Langenastran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta juga melakukan aksi sosial dengan menggalang donasi kepada Warga RW 03 yang tinggal di wilayah maupun di luar wilayah RW 03. “Hasil penggalangan donasi akan dibelikan sembako untuk berjaga-jaga jika ada warga RW 03 yang benar-benar membutuhkan”, tegas Y. Sri Susilo ketua RT 07 selaku Koordinator Penggalangan Donasi. Sembako yang disiapkan berupa paket yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng, telur, mie instan, dan telor ayam.

“Dimungkinkan ke depan ada warga RW 03 yang benar-benar terdampak secara ekonomi, maka bantuan sembako tersebut diharapkan dapat sedikit meringankan warga tersebut. Menurut Ketua RT 07, respon dari warga RW 03 terhadap penggalangan donasi cukup baik. Sithik ora ditampik, akeh soyo pikoleh. Bagi masyarakat umum yang ingin berpartisipasi memberikan donasi dapat menghubungi RM Hermunanto,” tutup Y. Sri Susilo, dengan berharap donasi yang masuk terus mengalir. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here