Home News Laksanakan PKKM, Mahasiswa Arsitektur UWM Giat Ekskursi Keraton

Laksanakan PKKM, Mahasiswa Arsitektur UWM Giat Ekskursi Keraton

107
0
Kegiatan ekskursi kraton oleh prodi arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram (UWM), angkatan tahun 2020-2021, Rabu (10/11/2021). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Sejumlah mahasiswa prodi arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram (UWM), angkatan tahun 2020-2021 menyelenggarakan kegiatan ekskursi, Rabu (10/11/2021), ke Keraton Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 mahasiswa, berangkat dari halaman Fakultas Sains dan Teknologi UWM dengan mempergunakan jasa 13 becak yang sering mangkal di sekitar Pasar Ngasem. Kegiatan ekskursi kraton merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

Mahasiswa arsitektur UWM peserta eksukursi kraton sedang mendengarkan paparan dari pemandu wisata Keraton Yogyakarta, Rabu (10/11/2021). Foto: Istimewa.

Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala Prodi Arsitektur Desy Ayu Krisna Mukti ST, MSc, sementara untuk pelepasan peserta dilakukan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknik UWM Prof Dr Ir. Ambar Rukmini, MP. Kunjungan ke keraton didampingi dosen arsitektur yaitu, Suharno, Tri Yuni, dan Grady Prabasmara.

Sesampainya di Keraton Yogyakarta, mahasiswa peserta ekskkursi dibagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 mahasiswa. Ketentuan tersebut dilakukan untuk menjaga protokol kesehatan (prokes) sesuai dengan anjuran pemerintah dan ketentuan dari pihak Keraton Yogyakarta.

Beberapa mahasisrta arsitektur UWM peserta eksekursi kraton menunjukkan hasil karya sketsa bangunan yang ada di dalam Keraton Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Selain diajak keliling bangunan keraton, beberapa mahasiswa menggambar sketsa bangunan yang menarik yang ada di dalam Keraton Yogyakarta, melakukan pemotretan gambar informasi mengenai kegiatan Sultan Hamengku Buwono X. Juga beberapa mahasiswa yang awam mengajukan pertanyaan dan diskusi dengan guide kraton.

Acara yang dikemas selama  2 jaman itu, usai kunjungan ditutup dengan makan bersama dan bincang-bincang akrab bersama dosen di Pendopo nDalem Mangkubumen, Kampus UWM Yogyakarta. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here