Home Seni Budaya Lagu “Kuhias Kenanganku” Iringi Senam Emak-emak di Ngramang

Lagu “Kuhias Kenanganku” Iringi Senam Emak-emak di Ngramang

49
0
Drs Mardiya alias Pak Ndut. Foto : Dok Pribadi

BERNASNEWS.COM – Emak-emak Pedukuhan Ngramang, Kalurahan Kedungsari Kapanewon, Kecamatan Pengasih, Kbupaten Kulon Progo, DIY, memang militan. Demi mendukung eksistensi Kampung KB dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat, mereka rela latihan senam di malam hari.

Dengan diringi lagu Kuhias Kenanganku ciptaan Drs Mardiya yang populer dengan panggilan Pak Ndut, mereka gesit bergerak dan keringat pun bercucuran membasahi tubuh. “Kita selayaknya memberi dukungan,” kata Pak Nduk kepada Bernasnews.com, Minggu (3/5/2020).

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo, Sementara lagu Gotong-Royong, juga ciptaan Pak Ndut, dinyanyikan dengan bagus oleh TP PKK Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Selain sebagai hasil kreatifitas dan untuk menyalurkan hobi, lagu tersebut diciptakan Drs Mardiya, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo, untuk menyosialisasikan berbagai program pemerintah, termasuk program KB, agar mudah diterima dan dicerna masyarakat.

(Baca juga : Pak Ndut Sangat Produktif Mencipta Lagu Bertema Sosial)

Selain lagu tersebut di atas, Pak Ndut juga menciptakan lagu Andum Gawe yang menggambarkan kesetaraan gender dalam rumah tangga. “Kerja sama dan bagi tugas antara suami dan isteri termasuk dalam mengasuh anak,” kata Pak Ndut.

Kemudian di tengah maraknya wabah virus Corona, Pak Ndut menciptakan lagu Urip Rukun. Lagu ini juga sebagai hiburan dan edukasi selama bulan puasa bagi mereka yang banyak tinggal di rumah sesuai anjuran pemerintah.

“Lag ini sebagai sosialisasi upaya pencegahan virus Corona oleh Dinsos PPPA Kabupaten Kulon Progo dengan soundtrack lagu Ayo Lawan Corona,” kata Pak Ndut.

Ia juga menciptakan lagu Ati Kudu Mantep yang memotivasi masyarakat untuk bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu. “Jangan ada keraguan dan jangan lupa disertai doa agar hasilnya baik dan berkah,” pesan Pak Ndut.

Ia juga menghadirkan kekocakan anak SMAN 1 Pengasih saat menyanyikan lagu Donyane Wis Kebak ciptaannya yang dibawakan pada acara peresmian Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di sekolah tersebut beberapa waktu lalu.

“Lagu-lagu tersebut sudah dimasukkan di YouTube. Silahkan mendengar dan bila suka lagu tersebut silahkandi like dan share. Jangan lupa kasih komentar. Bila belum subscribe, silahkan channel ini disubscribe dan tekan tombol lonceng, agar kami makin bersemangat membuat lagu-lagu yang bermanfaat. Salam hangat,” kata Pak Ndut. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here