Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeLagi, Pada Siang hingga Sore DIY Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan...

Lagi, Pada Siang hingga Sore DIY Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

BERNASNEWS.COM – Seperti pada hari Selasa 26 Januari 2022 siang hingga sore, BMKG DIY juga memprediksi kondisi cuaca di DIY pada Kamis 27 Januari 2022 berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Dalam siaran pers BMKG DIY yang diterima Bernasnews.com pada Kamis pagi, kondisi cuaca pada pagi hari di DIY berawan. Sementara pada siang hingga sore hari berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Sleman, Kulonprogo bagian Utara, Kota Yogyakarta, Bantul bagian utara dan Gunungkidul bagian utara.

Sementara di Kulon Progo bagian selatan, Bantul bagian selatan dan Gunungkidul bagian selatan berpotensi hujan ringan. Pada malam hari berpotensi hujan ringan di Kota Yogyakarta, Kulon Progo bagian selatan, Bantul, dan Gunungkidul. Sedangkan pada dini hari di semua wilayah di DIY cuaca berawan.

Kemudian, suhu udara antara 21-30 °C dengan kelembapan udara 67-98 persen. Terjadi angin dari arah Barat-Barat Laut dengan kecepatan maksimum 30 km per jam. Sementara tinggi gelombang di Perairan Yogyakarta berkisar antara 2,5-4,0 m (kategori tinggi).

Dengan kondisi tersebut, BMKG memberikan peringatan dini yakni waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Sleman, Kulonprogo bagian Utara, Kota Yogyakarta, Bantul bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara. Selain itu waspada gelombang tinggi di Perairan Yogyakarta.

(Baca juga: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sleman, Sejumlah Pohon Tumbang dan Genteng Rumah Beterbangan)

Seperti diberitakan Bernasnews.com pada Rabu 26 Januari 2022, hujan lebat yang disertai dengan angin yang terjadi secara sporadis di wilayah Kabupaten Sleman pada Rabu 26 Januari 2022 sekitar pukul 14.00 WIB mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Sementara genteng-genteng bebarapa rumah beterbangan ditiup angin kencang. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, hanya dampak kerusakan beberapa atas rumah/bangunan.

Dalam laporan situasi kejadian hidrometeorologi yang dikeluarkan TRC BPBD DIY pada Rabu 26 Januari 2022 disebutkan adanya potensi hujan dengan kapasitas sedang hingga lebat. Menurut informasi yang diperoleh BMKG via frekuensi adanya beberapa pohon tumbang di wilayah Kabupaten Sleman. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments