Home Pariwisata Ladon Little Island dan Pasar Klathakan Wisata Alam Tepian Sungai Progo di...

Ladon Little Island dan Pasar Klathakan Wisata Alam Tepian Sungai Progo di Borobudur

250
0
Obyek Wisata Alam Ladon Little Island dan Pasar Klathakan, di Dusun Sangen, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Foto diambil, Minggu (4/10/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM — Berawal dari ide atau gagasan pemuda desa setempat dalam menyikapi pandemi Covid-19 guna menggerakan pemberdayaan ekonomi warga yang terdampak, maka pada tanggal 26 Juli 2020 dibukalah wisata alam baru, di Dusun Sangen, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ladon Little Island nama obwis baru yang lumayan dekat dengan lokasi Candi Borobudur.

Lanskap Ladon Little Island berupa hamparan pantai pasir Sungai Progo dengan latar belakang Bukit Menoreh. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Obyek wisata ini relatif masih baru, sekitar dua setengah bulan. Kami beri nama Ladon Little Island, ladon sendiri dari kata ladu atau pasir. Apabila dilihat dari atas, maka tempat ini terlihat seperti sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh Sungai Progo dengan hiasan pasir di tepiannya semacam pantai,” ungkap Sardi salah seorang pengelola, di sela-sela tugas pengawasan, Minggu (4/10/2020).

Dikatakan, obyek wisata alam Ladon Little Island ini dipadukan dengan “Pasar Klathakan” sebagai fasilitas pendukungnya. “Pasar Klathakan sebagai pemberdayaan warga setempat, ada 12 lapak yang menjual aneka kuliner khas desa sini. Untuk belanja pengunjung harus menukarkan koin terlebih dahulu, setiap koinnya senilai Rp 2.000 dan apabila koin masih tersisa dapat ditukarkan uang lagi,” terang Sardi.

Pasar Klathakan yang terdiri 12 lapak mnjual aneka kuliner khas daera setempat sebagai pendukung Ladon Little Island. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Obyek wisata alam Ladon Little Island dan Pasar Klathak ini, lanskap pemandangannya cukup indah, berupa tepian dan alur Sungai Progo dengan latar belakang Bukit Menoreh. Menjadi hits di media sosial karena Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pernah berkunjung dan ngevlog di tempat itu dalam suasana musim kemarau, sehingga air sungai tampak bening dan pasirnya pun terlihat bak pasir pantai.

Pengunjung Ladon Little Island dapat menyewa kuda untuk menikmati hamparan pasir atau hanya sekedar untuk foto. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Selain beberapa spot foto berhiasan rangkaian bambu matching dengan alam sekitar, pengunjung juga dapat berfoto dengan naik kuda layaknya koboi atau meluncur rafting dengan perahu-perahu karet yang disediakan oleh pengelola wisata. “Awalnya kami hanya bermodal semangat dan pinjam uang dari desa untuk pembiayaannya, namun tidak sampai sebulan uang tersebut bisa kami kembalikan. Pengelola juga bisa memberikan semacam uang jasa kepada warga pemilik lahan di sini,” ujar Sardi.

Pengunjung juga bisa rafting tipis-tipis di sekitar lokasi byek wisata Ladon Little Island. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Menurut Sardi yang juga pekerja di Candi Borobudur itu, mengelola wisata alam semacam Ladon Little Island ini kondisi alam atau cuaca sangatlah berpengaruh. “Bagian atas (hulu) hujan maka air Sungai Progo yang juga gabungan dengan Sungai Elo sampai sini menjadi keruh kecoklatan. Sebaliknya meskipun di sini hujan namun atas cuaca panas, air sungai tetap jernih. Dalam menyikapi banjir, pengelola selalu berkomunikasi dengan warga yang ada di atas dan kami juga telah lakukan antisipasi menyeluruh,” pungkas Sardi. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here