Home Pendidikan Kwartir Ranting Depok Gelar Karang Pamitran Tahun 2020

Kwartir Ranting Depok Gelar Karang Pamitran Tahun 2020

603
0
Pengurus K3S, KaKwarran, Ketua Panitia, Andalan dan Pamong Saka berfoto bersama. Foto : Agung Budi Putranto

BERNASNEWS.COM – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Depok, Kabupaten Sleman menyelenggarakan Karang Pamitran atau temu pembina yang berpangkalan di Sekolah Dasar dan MI se Pakenewon Depok, Kamis (22/10/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 46 sekolah dengan jumlah peserta sekitar 90 peserta yang terdiri dari Pembina Siaga dan Pembina Penggalang dengan panitia berjumlah 21 orang. Karang Pamitran dibuka oleh Pengurus K3S Depok dengan upacara pembukaan.

Menurut Agung Budi Putranto, Panitia dan Andalan Kwarran Depok, kepada Bernasnews.com, Kamis (23/10/2020), dalam upacara pembukaan juga dihadiri oleh pengurus K3S, Ketua Kwartir Ranting, Pamong Saka serta Andalan Kwartir Ranting Depok.

Materi Simpul oleh Kak Agung Budi Putranto LMT. Foto : Agung Budi Putranto

Kegiatan ini terbagi menjadi 2, yakni kegiatan Siaga dan Penggalang dengan materi antara lain tentang PP Seragam Pramuka, SKU SKK dan SPG juga ketrampilan siaga meliputi upacara dan permainan riang ria, untuk ketrampilan penggalang antara lain semaphore, simpul ikat jerat, bentuk-bentuk barisan dan menaksir tinggi.

Tampil sebagai narasumber adalah pelatih dan andalan Kwartir Ranting Depok antara lain Kak Kuswanti MG, Kak Raharjo LMG, Kak Ellang Adi Nugroho LMT, Kak Agung Budi Putranto LMT, Kak Rochmad Julianto LMS, Kak Eti M LMS, Kak Rubiatun MS, Kak Danang Wicaksono, Kak Fajar Purnomo dan Kak Murti.

Materi Upacara Siaga oleh Kak Rochmad Julianto LMS. Foto : Agung Budi Putranto

Dalam kegiatan ini juga diadakan sharing tentang pembelajaran secara daring tentang pendidikan kepramukaan didalam forum terbuka.

Pada akhir kegiatan Karang Pamitran 2020 Kwartir Ranting Depok ditutup oleh Kak MM Suyatini SPd MPd LMS selaku Ketua Panitia dan Kak Jambari selaku Waka Binawasa.

Penyematan Tanda Peserta oleh Pembina Upacara. Foto : Agung Budi Putranto

Ketua Panitia dan Waka Binawasa Tri Raharja MSi yang juga Pengawas SD Kapanewon Depok, mengharapkan agar para pembina bisa mengaplikasikan metode serta ketrampilan kepramukaan dengan baik sesuai kondisi di gugus depan ataupun pangkalan masing-masing. Dengan demikian kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi Pembina Pramuka menuju Gugus Depan Unggul. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here