Sunday, August 14, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaKustini Tetapkan 25 Cagar Budaya di Sleman

Kustini Tetapkan 25 Cagar Budaya di Sleman

bernasnews.com – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyerahkan 25 Surat Keputusan Cagar Budaya Peringkat Kabupaten Tahun 2021. Ada 25 benda, struktur dan bangunan serta lokasi di wilayah Kabupaten Sleman yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya 2021.

Kustini mengatakan bahwa cagar budaya adalah hal yang penting. Oleh karena itu, harus tetap dijaga dan dilestarikan.

“Cagar budaya merupakan bukti kebudayaan bangsa sehingga perlu dilestarikan dan dilindungi keberadaannya,” kata Kustini, Selasa, (26/7/2022).

Kustini juga berharap bahwa cagar budaya ini nantinya bisa menjadi keunggulan yang bisa dibanggakan serta menjadi simbol daerah yang khas.

“Saya berharap dengan sekian banyaknya cagar budaya di Kabupaten Sleman dapat menjadi kebanggaan dan keunggulan Sleman dan DIY serta dapat menjadi simbol daerah yang khas,” harap Kustini.

Penetapan dan penyerahan status cagar budaya ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari Undang-undang No. 11 Tahun 2010 pasal 33 ayat 2 tentang pemberian jaminan hukum kepada pemilik cagar budaya berupa surat keterangan status cagar budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Kabupaten Sleman, Edy Winarya mengatakan bahwa penetapan cagar budaya ini merupakan upaya perlindungan terkait benda atau peninggalan bersejarah agar tidak musnah.

“Tujuan dari penetapan cagar budaya ini merupakan upaya awal dari perlindungan terhadap benda, bangunan, dan struktur yang memiliki nilai penting sejarah, pendidikan, agama, dan kebudayaan bagi Kabupaten Sleman agar tidak hilang, rusak, atau musnah,” ujar Edy.

Edy juga menjelaskan bahwa setelah penyerahan SK ini, nantinya akan ada sosialisasi perawatan dan pemeliharaan cagar budaya tersebut kepada pengelola maupun pemilik agar memperpanjang usia peninggalan itu. (Eva)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments