Home News KSP CU Dharma Bakti Juara I Koperasi Berprestasi 2019

KSP CU Dharma Bakti Juara I Koperasi Berprestasi 2019

1234
0
KSP CU Dharma Bakti mendapat Sertifikat dari Gubernur DIY yang meraih Peringkat Pertama sebagai Koperasi Berprestasi 2019 tingkat DIY kategori Koperasi Simpan Pinjam. Foto: Repro KSP CU Dharma Bakti

BERNASNEWS.COM — Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (KSP CU) Dharma Bakti yang beralamat di Jalan Kabupaten Dusun Jaten, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman meraih Peringkat Pertama Koperasi Berprestasi Tahun 2019 tingkat Provinsi DIY dan Juata I tingkat Kabupaten Sleman untuk kategori Koperasi Simpan Pinjam. Prestasi itu dicapai atas kinerja dan perkembangan koperasi tersebut yang sangat baik.

Atas prestasi itu, KSP CU Dharma Bakti mendapat Sertifikat dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Piagam Penghargaan dari Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi dan diterima Ketua KSP CU Dharma Bakti Theresia Supartinah Sunardi.

Penghargaan dan prestasi tersebut sangat layak dan wajar diterima KSP CU Dharma Bakti yang didirikan sejak 31 Desember 1981 tersebut karena hasil kerja pengurus, pengawas dan karyawan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

KSP CU Dharma Bakti Sleman mendapat Piagam Penghargaan dari Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi sebagai Juara I Kopetrasi Berprestasi 2019 tingkat Kabupaten Sleman kategori Koperasi Simpan Pinjam. Foto : Repro KSP CU Dharma Bakti.

Meski demikian, pengurus, pengawas maupun karyawan terus berupaya agar anggota semakin percaya kepada KSP CU Dharma Bakti dengan mengikuti berbagai program CU Indonesia untuk bergabung dengan Asuransi Axa Mandiri guna memproteksi pinjaman sampai dengan Rp 200 juta dan produk Sahabat Sehat dengan proteksi Rp 5 juta setiap anggota yang meninggal dunia. Dan hal ini merupakan bagian dari rancangan program KSP CU Dharma Bakti tahun 2020.

Menurut Ketua KSP CU Dharma Theresia Supartinah Sunardi seperti dikutip dalam Buku Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas KSP CU Dharma Bakti pada Rapat Anggota Tahuan (RAT) Tutup Buku 2019, kepercayaan masyarakat terhadapi KSP CU Dharma Bakti selalu meningkat setiap tahun.

Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan aset/kekayaan, jumlah anggota maupun jumlah simpanan dan pinjaman yan disalurkan. Untuk pertumbuhan aset/kekayaan, selama tahun 2019 pertumbuhan KSP CU Dharma Bakti mengalami peningkatan sebesar 22,01 persen atau mencapai Rp 48.748.580.732 dibandingkan dengan aset per 31 Desember 2018 yang hanya Rp 39.951.355.302.

Peningkatan aset/kekayaan disebabkan karena adanya pertumbuhan simpanan saham anggota sebesar 13,55 persen, simpanan non saham meningkat 24,03 persen. Sementara pelayanan pinjaman kepada anggota selama 2019 sebesar Rp 15.375.600.000. “Hal ini berpengaruh terhadap kontribusi pendapatan di KSP CU Dharma Bakti sehingga pendapatan meningkat sebesar 22,12 persen,” kata Ketua KSP CU Dharma Bakti Theresia Supartinah Sunaradi.

Sementara jumlah anggota KSP CU Dharma Bakti pada akhir 2019 sebanyak 5.805 orang. Selain anggota perorangan, KSP CU Dharma Bakti juga memiliki anggota kelompok yang terdiri dari Kelompok Margokaton (Seyegan), Kelompok Sidoarum (Godean), Kelompok Kaliduren (Moyudan), Kelompok Karang Tengah (Pengasih), Kelompok Karangsari (Pengasih), Kelompok Kedungsari (Pengasih), Kelompok Sagan (Yogyakarta), Kelompok Pasar Bantul (Bantul), Kelompok Donoharjo (Sleman) dan Kelompok Perum Nogotirto (Sleman). (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here