Home News KSB DIY Kunjungi Dinas PMD, Dalduk dan KB Kulon Progo

KSB DIY Kunjungi Dinas PMD, Dalduk dan KB Kulon Progo

430
0
Tim KSB bergambar bersama Kepala Dinas PMD, Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo Sudarmanto SIP MSi di halaman kantor, Senin (10/8/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Guru MTsN 6 Kulon Progo Drs Sutanto mewakili Komunitas Sahabat Buku (KSB) DIY melakukan kunjungan ke Dinas Pemberdayaan Masyaratkat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD, Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo sekaligus menyerahkan dua buku dan diterima langsung Kepala Dinas Sudarmanto SIP MSi di ruang kerjanya, Senin (10/8/2020).

Sutanto selaku Ketua Tim KSB didampingi anggota KSB dari SD 1 Pundong Bantul dan peminat literasi Devi Damayanti, menjelaskan, kunjungan tersebut untuk silaturahmi, perkenalan KSB dan menyerahkan dua buku berjudl Keluarga adalah Guru dan Surat Guru kepada Kepala BKKBN.

Pada kesempatan itu, Sudarmanto menyampaikan terimakasih kepada tim dari KSB DIY yang telah melakukan kunjungan di kantornya sekaligus memberikan bantuan buku. Ia berharap kedatangan tim akan membawa dampak positif terhadap berkembangnya literasi di lingkungan kerjanya dan umumnya di Kabupaten Kulon Progo.

Sutanto (kanan) dari Tim KSB DIY menyerahkan buku kepada Kepala PMD, Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo Sudarmanto SIP MSi di ruang kerjanya, Senin (10/8/2020). Foto : Istimewa

“Dinas kami termasuk tiga besar terbaik dalam penulisan website se Kulon Progo. Dengan hadirnya tim di sini akan menjadi energi positif budaya literasi semakin berkembang. Saya yakin KSB akan menjadi komunitas yang kuat dan memberikan ide produktif bagi bangsa dan negara,” tandasnya.

Sutanto menambahkan, Komunitas Sahabat Buku yang lahir pada 29 Juni 2020 bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional. KSB beranggotakan tim komunitas literasi YBM (Yuk Belajar Menulis) dan tim Penulis Emersia. Mereka sudah pernah ikut Diklat Literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Dikpora DIY dan Komunitas YBM.

Menurut Sutanto, KSB dibentuk untuk lebih meningkatkan kebersamaan dalam belajar dan berkarya buku anggotanya. Kegiatan KSB sementara ini adalah menerbitkan buku, kunjungan lembaga, terlibat dalam pengelolaan media komunitas yakni Majalah Literasi Guru. Ke depan akan dikembangkan dengan berbagai kegiatan lain di bidang literasi dan perbukuan.

Komunitas YBM, KSB, KPB (Komunitas Peresensi Buku) dan KPG (Komunitas Penulis Gamping) kini di bawah pembinaan Lembaga Mitra Mekar Berkarya (MMB) pimpinan wartawan senior YB Margantoro.

Peminiat Literasi dari SD Monggang Pundong Bantul Devi Damayanti mengaku senang bisa ikut dalam kunjungan tersebut. Meski dirinya belum berkecimpung dalam dunia kepenulisan namun dia sangat ingin belajar. “Rasanya senang bisa ikut kunjungan bersama tim, saya ingin untuk bisa menulis seperti teman lain yang sudah bergabung di KSB,” imbuhnya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here