Home Pendidikan Kreativitas yang Melahirkan Ide Orisinal jadi Penentu Keberhasilan

Kreativitas yang Melahirkan Ide Orisinal jadi Penentu Keberhasilan

207
0
Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD saat memimpin upacara wisuda lulusan UII periode III Tahun Akademik 2019/2020 di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, Sabtu (29/2/2020). Foto : Humas UII

BERNASNEWS.COM – Kreativitas dapat diasah bagi siapa pun yang menginginkannya dengan serius karena kreativitas tidak dibawa sejak lahir. Dan kreativitas yang menghadirkan ide-ide orisinal menjadi penentu keberhasilan siapa pun yang diamanahi untuk menjadi pemimpin.

Penelitian mutakhir menemukan bahwa ternyata para kreator yang hebat tidak selalu harus mempunyai pengetahuan yang sanga mendalam, tetapi yang dibutuhkan adalah keluasan perspektif. Kreator yang hebat tidak terjebak melihat pohon secara detail, tetapi harus melihat hutan, kumpulan beragam pohon. Kreator mempunyai pemahaman yang sangat baik terkait dengan konteks.

Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD saat mewisudah salah satu lulusan. Foto : Humas UII

Hal itu disampaikan Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, Rektor UII, dalam acara wisuda doktor, magisterm sarjana dan diploma di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, Sabtu (29/2/2020). Kali ini UII mewisuda 645 lulusan yang terdiri dari 21 Ahli Madya, 506 Sarjana, 105 Magister dan 13 Doktor. Dengan demikian, sampai saat ini UII telah melepas 104.784 alumni yang tersebar di seluruh pelosok negeri hingga luar negeri.

Prof Fahtul Wahid memberi salah satu contoh buah kreativitas, yakni keberadaan Grab dan GoJek yang merupakan hasil penggunaan perspektif baru untuk menyelesaikan masalah lama. Contoh lain adalah Ritesh Agarwal, pendiiri dan pemilik jaringan hoyel OYO. Dia yang kini baru berumur 26 tahun sudah menjalankan bisnis jaringan hotel terbesar kedua di dunia, yang menghubungkan 43.000 hotel di seluruh dunia dan mempekerjakan 350.000 orang.

Ketua DPP IKA UII Dr HM Syarifuddin SH MH saat menyampaikan sambutan mewakili Alumni UII. Foto : Humas UII

“Semua dimulai dengan cara pandang dia yang berbeda ketika melihat hotel tidak laku di dekat dia tinggal di permukiman miskin di Rayagada, India. Dia menghubungi pemilik hotel dan hadir dengan ide untuk memasarkan hotel dengan menjadikannya lebih atraktif. Ritesh Agarwal menawarkan perspektif segar dan percaya ketika sebuah hotel bisa diubah maka ribuan hotel di dunia juga bisa.

“Temuan mutakhir lain berbeda dengan pemahaman intuitif kita. Kesuksesan ternyata tidak selalu harus menjadi yang pertama, tetapi dapat dicapai dengan menunggu momen yang tepat untuk meluncurkan kreasi. GoJek dan jaringan OYO hotel bisa menjadi contoh,” kata Prof Fathul Wahid.

Dalam wisuda lulusan UII kali ini menghadirkan Dr HM Syarifuddin SH MH, Ketua PP IKA UII, yang mewakili alumni UII untuk menyampaikan sambutann dan pesan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here