Home Seni Budaya Kraton Jogja Buka Lowongan Abdi Dalem, Inilah Persyaratan dan Golongan yang Dibutuhkan

Kraton Jogja Buka Lowongan Abdi Dalem, Inilah Persyaratan dan Golongan yang Dibutuhkan

678
0
Abdi Dalem Kraton Yogyakarta saat menabuh gamelan dalam hajatan Sekaten beberapa waktu lalu sebelum pandemi Covid-19. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Kawedanan Hageng Punokawan (KHP) Kridhamardawa, Kraton Yogyakarta membukan kesempatan kepada khalayak yang ingin mengabdikan diri sebagai penjaga budaya menjadi Abdi Dalem. Sementara golongan Abdi Dalem yang dibuka adalah sebagai Wiyaga, Lebdaswara, Pasindhen dan Musikan.

Wiyaga adalah penabuh gamelan, Lebdaswara sebagai vokalis atau panembang laki-laki, sedangkan Pasindhen untuk panembang (penyanyi) perempuan dalam kelompok musik gamelan, serta Abdi Dalem Musikan yaitu pemain musik.

Syarat umum meliputi, 1. Bersedia dengan tulus mengabdi di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, 2. WNI, domisili DIY dan Jawa Tengah, 3. Usia 17 tahun sampai dengan 45 tahun, 4. Bersedia mengikuti tahap seleksi yang diadakan, 5. Dalam video seleksi yang dikirim, peserta wajib untuk memperkenalkan diri (mencakup nama, umur, alamat, dan golongan yang diminati), 6. Jika dinyatakan lolos semua tahap seleksi, maka peserta bersedia melalui proses magang selama 2 tahun sebelum menjadi Abdi Dalem.

Persyaratan Umum rekrutmen Abdi Dalem Kraton Yogyakarta. (Repro)

Persyaratan khusus pada tiap golongan seperti, Wiyaga untuk laki-laki/ perempuan mampu memainkan Gamelan gaya Yogyakarta, dengan materi pilihan 1) Ladrang Raja Mandala, Laras Pelog Pathet Nem, atau 2) Ladrang Prabu Mataram, Laras Slendro Pathet Sanga. Mengirimkan video memainkan gamelan dengan materi yang telah dipilih dan peserta diperbolehkan untuk memainkan atau menabuh gamelan lebih dari satu instrumen.

Lebdaswara, untuk laki-laki mampu melagukan salah satu gerongan dengan materi pilihan1) Ladrang Raja Mandala, Laras Pelog Pathet Nem, atau 2) Ladrang Prabu Mataram, Laras Slendro Pathet Sanga. Sedangkan untuk Pasindhen, persyaratan khusus bagi perempuan dengan ketentuan sama seperti halnya Lebdaswara.

Sementara persyaratan khusus sebagai Abdi Dalem Musikan, laki-laki/ perempuan bisa membaca not balok,  mampu memainkan salah satu alat musik tiup yaitu trompet, trombone, horn, tuba, saxophone alto/ saxophone tenor, atau alat musik perkusi tambur atau snare drum. Mengirimkan video memainkan alat musik tiup atau perkusi berdasarkan Video Tutorial di Youtube Kraton Jogja.

Pendaftaran sebagai Abdi Dalem Kraton Yogyakarta tersebut dibuka hingga tanggal 1 Maret 2021. Dokumen yang tertera di syarat khusus bisa dikirimkan melalui e-mail: [email protected]. Informasi lebih lanjut dan narahubung Nyi MJ. Retnolumaksomardowo (Retno), SMS/ Whatsapp (WA) 0822-2764-9449 . Informasi tentang rekrutmen Abdi Dalem ini juga telah viral di berbagai media sosial. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here