Home News KPU Sleman Imbau Warga untuk Bekerja Sama Sukseskan Pilkada 2020

KPU Sleman Imbau Warga untuk Bekerja Sama Sukseskan Pilkada 2020

807
0
Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi, saat ditemui di kantornya, Rabu (22/1/2020). (Foto: Ayu)

BERNASNEWS.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, sejumlah persiapan mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 8 bulan menjelang Pilkada 2020 di Sleman, KPU kini membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kalau persiapan sudah kita lakukan jauh-jauh hari. Pas Pemilu (tahun 2019) itu sudah kita lakukan (persiapan). Sampai hari ini, kita memasuki (tahap) untuk membuka PPK,” kata Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi, saat ditemui di kantornya, Rabu (22/1/2020).

Trapsi mengungkapkan bahwa pendaftaran bakal calon Bupati atau Wakil Bupati untuk Pilkada 2020 baru dibuka pada 16-18 Juni 2020. Masa ini berlaku baik untuk calon yang hendak mendaftarkan diri dengan partai politik maupun independen.

Ia pun mengatakan bahwa syarat yang harus dipenuhi oleh para bakal calon untuk mendaftar, sesuai dengan PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) yang ada. Untuk jalur mandiri, maka diperlukan dukungan minimal 58.096 suara yang tersebar di minimal 9 kecamatan.

“Kalau jalur partai politik, (jumlah suara sebesar) 20% dari kursi yang ada atau 10 kursi. Atau 25% perolehan suara sah di DPRD Kabupaten Sleman bagi partai yang punya kursi,” lanjut Trapsi.

Pihaknya juga akan melakukan pemutakhiran jumlah pemilih pada bulan Maret 2020 mendatang. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar bisa bekerja sama dengan baik sehingga panitia mampu menghasilkan data pemutakhiran pemilih yang riil.

“Kita imbau pada masyarakat, mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat untuk menyukseskan pemiihan bupati dan wakil bupati (Pilkada) 2020 yang aman dan damai, dengan berbagai macam cara,” katanya

“Dan pasti tanggal 23 September 2020 ya datang (ke TPS) untuk memilih,” lanjut Trapsi. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here