Home News KPK RW 08 Suryoputran Peringati HUT Pertama dengan Potong Tumpeng

KPK RW 08 Suryoputran Peringati HUT Pertama dengan Potong Tumpeng

314
0
Ketua Kampung (RK) Suryoputran H. Bandrio Utomo, SE (kiri) didampingi oleh Penasehat RW 08 Suryoputran Drs. Muh. Susilo Wardono dan Ir. Bambang Susilo dari Kebun SOKA Kulon Progo serta Ketua KPK RW 08 Suryoputran Seno Pratomo berkesempatan panen perdana sayur hidroponik, beberapa waktu lalu sebelum Pandemi Covid-19. (Foto: Dok Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Bertepatan peringatan Hari Ibu, tanggal 22 Desember, Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Suryoputran menggelar acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang Pertama, Selasa (22/12/2020), di nDalem Probodikaran, Kampung Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Kesi Paseban Kelurahan Panembahan Putu Agung, Perwakilan Pengurus Kampung Suryoputran Herry, Penasehat KPK/ RW 08 Suryoputran Drs. Muhammad Susilo Wardono, Bendahara RW 08 Suryoputran Muhammad Santosa, Anggota KPK dan Relawan Satgas Covid-19 se RW 08 Suryoputran.

Suasana peringatan HUT Pertama Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Suryoputran, Selasa (22/12/2020), di nDalem Probodikaran, Jalan Pesindenan, Suryputran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Ketua KPK RW 08 Suryoputran Seno Pratomo dalam sambutannya mengatakan, bahwa meskipun dalam suasana pandemi, dengan sederhana dan tetap menegakan protokol kesehatan peringatan HUT Pertama KPK RW 08 Suryoputran tetap diselenggarakan.

“Meskipun masih dalam suana keprihatinan pandemi peringatan HUT pertama ini diselenggarakan sebagai bukti, bahwa sebagai kelompok atau komunitas masih tetap ada,”ungkap Seno Pratomo yang juga sebagai Ketua RW 08 Suryoputran.

Menurut Seno Pratomo, selain sebagai memperingati hari ulang tahun pertama dan peringati Hari Ibu, acara juga bertepatan dengan jadual rutin setiap Selasa dilaksanakan penyemprotan oleh para Relawan Satgas Covid-19 RW 08 Suryoputran sehingga bisa menjadi media silaturahmi warga guna membahas persoalan lingkungan, terutama penghijauan kampung.

“Gagasan awal dibentuknya KPK adalah sebagai wadah kegiatan warga RW 08 Suryoputran yang mempunyai hobi bertanam dan peduli terhadap penghijauan wilayah kampung. Pengurus RW hanya menginisiasi pelatihan dan percontohan dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di kampung,” ujar Mantan Anggota DPRD Kota Yogyakarta Tahun 2014 itu.

Ketua KPK RW 08 Suryoputran Seno Pratomo memotong tumpeng nasi kuning sebagai ungkapan syukur HUT Pertama KPK RW 08 sURYOPUTRAN, dengan disaksikan Bendahara Kampung Suryoputran Herry (kanan) yang mewakili Ketua Kampung dan Anggota Senior KPK RW 08 Suryoputran Bambang Nur Prasetyo. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Suryoputran dibentuk bertepatan peringatan Hari Ibu, 22 Desember 2019, diawali dengan menyelenggarakan pelatihan berkebun dengan menghadirkan praktisi perkebunan dari Kebun SOKA, Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

Sementara pada bulan Oktober 2020 mendapatkan kesempatan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budidaya Tanaman Hortikultura yang diselanggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, atas inisiasi Anggota Komisi B, DPRD DIY, RM Sinar Biyatnujat, dari Fraksi Partai Gerindra.

Seperti deketahui, meskipun usia masih kategori balita namun KPK RW 08 Suryoputran telah beberapa kali melaksanakan panen sayur yang ditanam sistem hidroponik. Juga belum lama ini pada bulan November 2020 panen ketela pohon sebagai bentuk kegiatan ketahanan pangan di masa pandemi. Semua hasil panenan tersebut kembali kepada anggota atau warga yang membutuhkan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here