Home News KPK RW 08 Suryoputran Panen Perdana Sayur Hidroponik

KPK RW 08 Suryoputran Panen Perdana Sayur Hidroponik

549
0
Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta gelar panen perdana sayur organik, Sabtu (25/1/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Suryoputran panen perdana tanaman sayur yang ditanam secara hidroponik, Sabtu (25/1/2020), di Halaman Balai RT 27 Suryoputran, Jalan Pesindenan, Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Hadir dalam acara panen perdana tersebut, Ketua Kampung (RK) Suryoputran H. Bandrio Utomo, SE, segenap pengurus RW 08 Suryoputran, dan anggota KPK RW 08 Suryoputran.

Ir. Bambang Susilo dari SOKA Organik (kaos kuning) sedang melakukan evaluasi dan penilaian karya anggota KPK RW 08 Suryoputran, Sabtu (25/1/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

“Saya sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan latihan berkebun hingga terbentuknya Kelompok Petani Kota (KPK) atas inisiasi dari ketua dan pengurus RW 08 Suryoputran. Semoga kegiatan ini dapat menjadi embrio dan virus kebaikan bagi seluruh warga kampung Suryoputran, sehingga  dapat tercipta salah satu ikon yaitu Suryoputran sebagai Kampung Flora,” sambut Bandrio Utomo.

Ketua Kampung (RK) Suryoputran H. Bandrio Utomo, SE (kiri) secara simbolis petik perdana sayur hidroponik hasil tanam anggota KPK RW 08 Suryoputran. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sebutan sebagai Kampung Flora yang diawali dari lingkup RW 08 Suryoputran, menurut Bandrio sangat pas dan tepat sekali. “Pertama, kegiatan ini merupakan sebuah jawaban terhadap persoalan lingkungan. Yaitu, penghijauan yang berarti membuat udara segar dan kampung menjadi rindang. Kedua, sebagai kegiatan pemberdayaan perekonomian warga,” ungkapnya.

Sementara itu, Drs. Muhammad Susilo Wardono selaku Penasehat RW 08 Suryoputran, menambahkan, para anggota KPK dalam melakukan kegiatan hendaknya didasari terlebih dahulu dengan cinta terhadap tanaman. Sehingga dengan rasa cinta tanaman, semangat untuk menanam dan mengelola tanaman atau kebun akan tetap terjaga.

Drs. Muhammad Susilo Wardono selaku Penasihat RW 08 Suryoputran dan sebagai petani menujukkan hasil tanaman sayur teknik hidruponik yang ditanamannya. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Kegiatan berkebun jika dilandasi dengan cinta terhadap tanaman, semangatnya akan terjaga karena berkebun menjadikan sebuah hobi, kesukaan. Hal ini sangat berbeda kalau dari awal untuk tujuan bisnis, sebab jika terjadi kegagalan akan menyebabkan rasa bosan,” imbuh Susilo.

Sebagaimana yang pernah diberitakan sebelumnya, bahwa KPK RW 08 Suryoputran dibentuk bertepatan Hari Ibu, tanggal 22 Desember 2019, dan diresmikan oleh Camat Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno, juga dihadiri oleh Lurah Panembahan Purnomo, SE. Kelompok Petani Kota ini RW 08 Suryoputran ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan latihan berkebun yang diikuti oleh lebih dari 20 peserta, diinisiasi oleh Pengurus RW dan didukung oleh SOKA Organik, Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

Suasana panen perdana sayur hidroponik oleh anggota KPK RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, Sabtu (25/1/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Ir. Bambang Susilo, Praktisi Perkebunan dan Pertanian Organik dari SOKA Organik selaku nara sumber dan mentor KPK RW 08 Suryoputran, mengatakan, hasil panen sayur dengan teknik hidroponik tersebut dapat dikatakan bagus hasilnya.

“Meskipun hasil panen perdana sebagai praktek tanam sayur hidroponik ini sudah bagus namun ibarat baca buku pertanian baru pada lembar halaman pertama. Jadi teman-teman KPK jangan merasa puas, harus belajar dan belajar tanam terus menerus. Karena sayur dan buah organik tanpa pestisida kimia akan semakin dicari banyak orang,” pungkas Sarjana Pertanian lulusan IPB itu. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here