Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKPK RW 08 Suryoputran Lakukan “OTT”

KPK RW 08 Suryoputran Lakukan “OTT”

BERNASNEWS.COM — Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Suryoputran lakukan giat ”Operasi Tanduran Tela” (OTT) atau juga bisa disebut panen ketela, Jumat (27/11/2020), di Halaman Balai RT 27, Kampung Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Ketua KPK RW 08 Suryoputran Seno Pratomo didampingi oleh Bendahara RW 08 Suryoputran Muhammad Santosa menjelaskan, bahwa OTT atau panen ketela ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan contoh dan kegiatan pada warga, dalam pemanfaatan lahan untuk menanam tanaman yang dapat bermanfaat secara ekonomi.

Ketua KPK dan Ketua RW 08 Suryoputran Seno Pratomo saat lakukan giat “OTT”, Jumat (27/11/2020), di Halaman Balai RT 27 Kampung Suryoputran, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Awal berdirinya KPK setahun lalu, di lahan ini kami tanami sayur organik dengan sistem hidroponik dan sempat beberapa kali panen. Kemudian ada pandemi Covid-19 yang menyebabkan warga takut keluar rumah sehingga semua kegiatan dan pertemuan warga di kampung jadi berhenti,” ungkap Seno Pratomo.

Dikatakan Seno, setelah ada sosialisasi protokol kesehatan yang dilakukan secara masif oleh pengurus Kampung Suryoputran dan Kelurahan Panembahan melalui Kesi Paseban, kemudian baru beberapa anggota KPK RW 08 Suryoputran mulai berani aktif kembali. “Tanaman sistem hidroponik terpaksa kami hentikan dahulu, kami gantikan dengan penaman pohon ketela yang cukup mudah,” ujarnya.

Anggota KPK RW 08 Suryoputran bahu membahu mencabut ketela yang masih tertananam dalam tanah. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com).

Menurut mantan Anggota DPRD Kota Yogyakarta Tahun 2014 ini, tanaman ketela dalam pengelolaan pemeliharaannya tidak terlalu ribet mudah tumbuh dibandingkan dengan tanaman hidroponik yang setiap hari harus lakukan pengecekan. “Penanaman ketela juga salah satu jawaban soal ketahanan pangan bagi warga dalam masa pandemi. Rencana hasil panenan ketela ini akan kami sajikan untuk relawan kampung yang laksanakan giat penyemprotan disinfektan,” pungkas Seno Pratomo.

Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Suryoputran dibentuk bertepatan peringatan Hari Ibu, 22 Desember 2019, diawali dengan menyelenggarakan pelatihan berkebun dengan menghadirkan praktisi perkebunan dari Kebun SOKA, Samigaluh, Kulon Progo. Bertujuan agar warga dapat memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk giat tanaman juga untuk giat program penghijauan wilayah kampung setempat. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments