Home News Kota Yogyakarta Targetkan 17 Agustus 2021 Warga Ber KTP Kota Sudah Divaksin

Kota Yogyakarta Targetkan 17 Agustus 2021 Warga Ber KTP Kota Sudah Divaksin

393
0
Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X (kanan) saat berbincang dengan Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto S.IP (kiri), Walikota Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan perwakilan dari BIN Daerah Wahyu di SMA 1 Kota Yogyakarta, pada Rabu 14 Juli 2021. Foto : kiriman Fokki

BERNASNEWS.COM – Dalam rangka peninjauan pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar usia 12 tahun ke atas di SMA 1 Kota Yogyakarta dan pencanangan gerakan vaksinasi anak oleh Presiden Jokowi yang dilaksanakan oleh BIN Daerah bekerja sama dengan Dinkes Propinsi, pada Rabu 14 Juli 2021, Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto S.IP menyempatkan diri melakukan perbincangan dengan Walikota Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X serta perwakilan dari BIN Daerah Wahyu.

Dari perbincangan secara non formal tentang penanganan Covid-19 di Kota Yogyakarta itu, ada beberapa hal yang akan menjadi prioritas dan perhatian bersama yang terutama adalah target dari Walikota Kota Yogyakarta yang didukung penuh oleh Pansus Covid-19 DPRD Kota Yogyakarta bahwa akan memberikan kado terindah bagi republik ini yaitu bahwa 100 persen penduduk ber-KTP Kota Yogyakarta sudah divaksin. Sehingga diharapkan dapat membentuk herd immunity sehingga kehidupan masyarakat di Kota Yogyakarta menjadi normal kembali.

Menurut Antonius Fokki Ardiyanto dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Kamis (15/7/2021), untuk mewujudkan itu semua maka ada beberapa langkah yang secara komprehensif akan dilakukan. Berdasarkan arahan dan diskusi dengan Walikota Kota Yogyakarta dan BIN Daerah serta Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Yogyakarta, langkah langkah yang akan dilakukan untuk percepatan tersebut adalah pertama, pelaksanaan vaksinasi berbasis wilayah (kalurahan) dengan merekrut 10 relawan vaksinasi di masing masing kalurahan. Dan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan minggu depan.

Kedua, mempercepat pelaksanan vaksinasi berbasis sekolah dengan melibatkan satgas/relawan covid19 yang sudah dibentuk di masing masing sekolah. Ketiga, diadakan vaksinasi door to door yang melibatkan BIN Daerah dalam proses pelaksanaannya.

Menurut Fokki, pada kesempatan itu juga terungkap bahwa jumlah vaksin yang ada di Kota Yogyakarta sebesar 51 ribu dosis. Dan untuk mewujudkan target 100 persen warga ber KTP Kota Yogyakarta per tanggal 17 Agustus 2021 sudah divaksin Sri Paduka Paku Alam X selaku Wakil Gubernur juga akan membantu penyediaan vaksin dari berbagai sumber yang ada. Di samping itu BIN Da juga akan terlibat aktif dalam penyediaan vaksin dan dimohon juga bantuannya untuk dapat menyiapkan gudang penyimpanan vaksin.

Di sisi lain di hadapan walikota dan pansus covid19 DPRD Kota Yogyakarta, Wagub Sri Paduka Paku Alam X menyampaikan supaya RSUD bisa membeli alat pembuat oksigen sehingga meringankan beban permasalahan oksigen di Kota Yogyakarta. Dan BIN Da juga akan membantu untuk mendeteksi kalau ada penimbunan oksigen dan obat di wilayah Kota Yogyakarta.

Dalam koordinasi non formal secara singkat juga Walikota Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti disaksikan oleh Ketua Pansus DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto S.IP juga memberikan instruksi kepada Assek Bidang Pemerintahan dan Umum Sisruwadi, Kepala Dinas Pendidikan Budi Waseso, Kepala Infokom Tri Hastomo, Komandan Satpol PP Agus dan Kepala BPPD Kota Yogyakarta untuk segera menindaklanjuti secara tehnis dari apa yang dihasilkan di pertemuan informal tersebut yaitu 17 Agustus 2021 sebanyak 100 persen warga Kota Yogyakarta sudah divaksin. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here