Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKota Yogyakarta Juga Bakal Terapkan Pelonggaran Tak Pakai Masker di Luar Ruangan

Kota Yogyakarta Juga Bakal Terapkan Pelonggaran Tak Pakai Masker di Luar Ruangan

bernasnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengumumkan pelonggaran penggunaan masker. Dalam keterangan yang disampaikan pada Selasa (17/5/2022) lalu, ia menyebut bahwa masyarakat diizinkan tak pakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” ujar Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Sementara itu, masyarakat yang beraktivitas di ruangan tertutup tetap harus menggunakan masker. Bahkan sejumlah kelompok seperti lansia dan orang dengan komorbid juga tetap disarankan memakai masker.

Menanggapi terkait kebijakan baru itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa Pemkot Yogyakarta dalam hal ini akan mengikuti kebijakan pemerintah. Jika sudah ada pelonggaran maka mereka akan memberlakukan hal serupa.

“Kalau sudah menjadi kebijakan pemerintah ya kita juga akan terapkan untuk bisa membuka masker di area terbuka,” kata Heroe.

Meski demikian tak serta merta di area terbuka bisa melonggarkan penggunaan masker. Dia menyebut ada batasan yang tetap perlu dipatuhi.

“Yang harus diperhatikan adalah adanya batasan-batasan yang harus dipatuhi. Misalnya area terbuka yang jumlah ke kunjungan tidak besar, bagi yang lansia dan punya komorbid diminta tetap memakai masker, begitu juga bagi yang sakit batuk dan pilek,” katanya.

“Jadi diimbau misalnya sudah diizinkan tidak menggunakan masker di area terbuka, tetap diharapkan yang merasa nyaman pakai masker lebih baik dipergunakan,” pungkasnya. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments