Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsKota Yogyakarta Bakal Tampilkan Orkestra Gamelan dan Pertunjukan Wayang Kekinan

Kota Yogyakarta Bakal Tampilkan Orkestra Gamelan dan Pertunjukan Wayang Kekinan

bernasnews.com – Perhelatan Historical Orchestra bakal kembali digelar di Kota Yogyakarta usai 3 tahun vakum selama masa pandemi. Pada tahun ini, pemerintah Kota Yogyakarta bakal menggelar Historical Orchestra dengan tema lagi perjuangan pada Rabu, 29 Juni 2022 di Jalan Malioboro.

Plh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Ratih Ekaningtyas mengagakan bahwa konsep pentas tahun ini bakal lebih meriah. Dia kenambahkan banwa dalam pentas nanti tidak hanya orkestra gamelan saja yang ditampilkan.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, pentas sejarah historical orchestra tahun ini akan menampilkan kolaborasi orchestra gamelan dengan pertunjukan wayang sejarah yang didukung animasi motion grafis,” katanya.

Ratih juga menjelaskan perhelatan ini digelar untuk mendukung peringatan hari bersejarah di Yogyakarta yaitu peristiwa Jogja Kembali.

“Tahun ini, Pentas Sejarah Jogja Historical Orchestra mengangkat tajuk spesial Jogja Kembali: Selaras Juang Mataram Menang,” ujarnya.

Melalui Pentas Sejarah Jogja Historical Orchestra, ia menyebut bahwa seniman di Jogja diberikan ruang untuk tampil. Diharapkan para seniman bisa menjadi agen dalam menanamkan jiwa patriotisme lewat karya yang ditampilkan.

Tak cuma seniman Malioboro, nantinya dalam acara tersebut juga bakal dimeriahkan dalang muda. Dalam pertunjukannya, penonton akan diajak untuk merasakan suasana pada masa revolusi perjuangan kemerdekaan Indonesia lewat alunan orchestra dan wayang yang ditampilkan.

Pertunjukan ini diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah bangsa Indonesia serta sarana dalam menanamkan nasionalisme dalam diri generasi muda. Lebih lanjut, Ratih menyebut pentas sejarah Historical Orchestra merupakan manifesto dari sinergi kebudayaan dan eksistensi Yogyakarta sebagai kota perjuangan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments