Home Olahraga Kontingen DIY Ditargetkan Raih 11 Emas di PON XII 2021 Papua

Kontingen DIY Ditargetkan Raih 11 Emas di PON XII 2021 Papua

137
0
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen DIY PON XX Papua 2021 secara daring dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (9/9/2021). Foto: Humas Pemda DIY

BERNASNEWS.COM – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengukuhkan sekaligus melepas Kontingen DIY untuk mengikuti PON XII di Papua. Kontingen PON DIY yang terdiri dari 128 atlet, 51 pelatih, 14 mekanik, 7 dokter dan 7 wartawan. Selain itu, 14 anggota tim keamanan yang terdiri dari 11 polisi dan 3 anggota TNI serta tim head supporter berjumlah 17 orang dan tim pendukung sekitar 24 orang.

Menurut Ketua CdM Kontingen PON DIY Rumpis Agus Sudarko, DIY mengikuti 19 cabang olahraga. Kontingen sudah siap menuju Papua. Dari segi kesehatan, semua bisa berangkat. Sebelum berangkat mereka dikarantina selama 7 hari sesuai peraturan dari PB PON yang mengharuskan minimal lima hari karantina.

Sementara Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto mengatakan, pengukuhan kontingen PON DIY sengaja dilaksanakan bertepatan dengan momentum Haornas pada 9 September karena diharapkan para atlet yang mewakili DIY pada PON 2021 di Papua terpompa motivasi dan terbakar semangat layaknya para atlet yang berada pada PON pertama tahun 1948 di Solo.

“Saat ini seluruh atlet yang tergabung dalam kontingen DIY siap berada di PON 20 Papua yang akan dilaksanakan secara resmi pada 2-15 Oktober 2021. Saat ini seluruh kontingen sudah mendapatkan vaksin (Covid) yang kedua. Dan untuk menjaga kesehatan para atlet dan pelatih, satu minggu sebelum berangkat PON, dilakukan karantina dengan tetap berlatih,” kata Djoko Pekik yang dikutip Bernasnews.com dari Humas Pemda DIY, Kamis (9/9/2021).

Menurut Djoko Pekik, pada PON XII tahun 2021 ini, Kontingen DIY ditargetkan mampu membawa pulang minimal 11 medali emas. Untuk menyukseskan perjalanan kontingen DIY pada PON Papua, KONI DIY pun membuat tagline 4M yakni Mangkat Bregas, Main Trengginas, Mborong Emas dan Mulih Waras.

Gubernur DIY Sultan HB X ketika melepas Kontingen PON XII DIY mengatakan bahwa prestasi di arena PON jadi tolok ukur keberhasilan pembinaan olahraga di DIY. PON juga dapat menjadi forum mengangkat citra dan kebanggaan daerah. Karena itu, guna mencapai prestasi dan citra, diperlukan kerja keras tanpa mengenal kata lelah dan menyerah.

“Dengan jumlah personil yang terbatas karena Covid-19, saya tetap berharap, semoga dapat mencapai prestasi yang pantas dibanggakan. Untuk itu, para atlet harus berdaya upaya sekuat tenaga, agar bisa meraih medali pada cabang-cabang olahraga prestasi, berstandar olimpiade,” papar Sri Sultan.

Menurut Sultan HB X, olahraga memiliki peran penting sebagai sarana pembangunan manusia yang sehat lahir batin, yang selanjutnya akan membangkitkan ketahanan masyarakat. Oleh karena itu, adu prestasi olahraga di arena PON bisa juga diartikan sebagai upaya berkesinambungan dalam rangka pembangunan bangsa yang mandiri, berdaya tahan dan berdaya saing. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here