Kongres IV Keluarga Besar Pelajar Mahasiswa Taliabu Yogyakarta, Dorong Kaum Muda Berwirausaha

    519
    0
    Kongres IV sekaligus Seminar Kewirausahaan Keluarga Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Taliabu Yogyakarta (KB-IPMTY). (Foto: dok. KB-IPMTY)

    BERNASNEWS – Pandemi corona seolah membangkitkan jiwa wirausaha dalam diri banyak orang setahun terakhir. Tak sedikit orang yang menjajal peruntungan dengan berwirausaha di tengah pandemi corona.

    Semangat berwirausaha ini ditanamkan dalam diri para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Taliabu Yogyakarta (KB-IPMTY). Dengan kepengurusan baru, para mahasiswa didorong untuk menumbuhkan semangat jiwa wirausaha dalam diri mereka.

    “Kami mengadakan Kongres IV untuk menghidupkan kembali organisasi. Banyak pengurus yang pulang kampung. Sehingga kami menggelar Kongres untuk bentuk kepengurusan yang baru,” ujar Efianto, Ketua Panitia Acara, Kamis (23/9/2021).

    Tak hanya kongres, pihaknya juga gelar seminar kewirausahaan untuk menambah wawasan para mahasiswa. Serangkaian kongres di hari pertama berupa Seminar Umum dengan materi Keorganisasian, Kepemimpinan (leadership) dan Kewirausahaan yang diisi oleh para pengusaha muda yang telah eksis di bidangnya masing-masing.

    Muhammad Ali Yusuf Rasyid, merupakan Presiden Direktur sekaligus Founder PT. Jaman Enggal Grup (dengan 8 anak perusahaan) sekaligus Ketua Dewan Pembina Pusat Ormas Pemuda KB-IPMTY, saat memberikan seminar. (Foto: dok. KB-IPMTY)

    Topik yang dibawa mulai dari Kepemimpinan, Keorganisasian, dan Kewirausahaan Bidang Umum dan Jasa Konstruksi (Muhammad Ali Yusuf Rasyid); Kewirausahaan di Bidang Media (Galih Wijaya); dan Kewirausahaan di Bidang IT dan Kuliner (Rendy Mahardika).

    Sebagai informasi Muhammad Ali Yusuf Rasyid, merupakan Presiden Direktur sekaligus Founder PT. Jaman Enggal Grup (dengan 8 anak perusahaan) sekaligus Ketua Dewan Pembina Pusat Ormas Pemuda KB-IPMTY. Galih Wijaya, adalah seorang pengusaha muda yang menjabat sebagai Komisaris PT. Citra Komunika Nusantara dan business owner dengan usaha di bidang Media dan Manajemennya yaitu Media Tugu Jogja, Bernasnews dan Yogyasemesta. Rendy Mahardika adalah seorang business owner dari Peta Management, Peta Kuliner, Peta Creativ, SATU (Sate Tuna) dan Info Kerja.

    Efianto, Ketua Panitia Acara dan Muhammad Ali Yusuf Rasyid, Ketua Dewan Pembina Pusat Ormas Pemuda KB-IPMTY, saat diwawancarai Bernasnews. (Foto: dok. Muhammad Ali)

    “Tujuannya agar teman-teman tahu bagaimana caranya membuka usaha,” katanya.

    Sekitar 40 mahasiswa mengikuti kegiatan kongres ini. Tak hanya itu, Kongres ini juga bertujuan untuk menemukan kepengurusan baru. Harapannya, pengurus-pengurus baru ini bisa menghidupkan kembali organisasi tersebut.

    Kongres IV sekaligus Seminar Kewirausahaan Keluarga Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Taliabu Yogyakarta (KB-IPMTY). (Foto: dok. KB-IPMTY)

    Muhammad Ali Yusuf Rasyid, Ketua Dewan Pembina Pusat Ormas Pemuda KB-IPMTY, mengapresiasi kegiatan ini. Hal ini menunjukkan bahwa para mahasiswa dari Taliabu benar-benar solid.

    “Mereka terus jaga semangat dan budaya kekeluargaan. Harapannya mereka tidak hanya ngumpul, tetapi juga belajar untuk mempersiapkan masa depan,” ujarnya.

    “Serangkaian kegiatan ini adalah semangat awal bagi pemuda Taliabu Yogyakarta khususnya dan kepada pemuda daerah lainnya untuk menata organisasi yang lebih baik, unggul, mandiri dan berkarakter budipikerti luhur,” tutupnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here