Home News Komunitas RKB Gelar Gebyar Bonsai 2021, Pameran Bonsai Terbesar se-DIY

Komunitas RKB Gelar Gebyar Bonsai 2021, Pameran Bonsai Terbesar se-DIY

2292
0
“Gebyar Bonsai 2021” atau Pameran Bonsai se-DIY diselenggarakan pada tanggal 11 - 17 Januari 2021, Jam 08:00 WIB - 20:00 WIB, bertempat di Dusun Sidorejo RT 01, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Untuk kali ketiganya Komunitas Rawa Kalibayem Bonsai (RKB) menggelar even “Gebyar Bonsai 2021” Pameran Bonsai se-DIY. Pameran yang terbesar dari kegiatan yang digelar sebelumnya ini diikuti oleh sekitar 16 komunitas bonsai yang tersebar di Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo dan Gunung Kidul.

Gebyar Bonsai 2021 bertempat di Sidorejo RT 01 atau tepatnya di sebelah Barat Destinasi Wisata Rawa Kalibayem, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Ketua Panitia Gebyar Bonsai 2021 Robby kepada Bernasnews.com, Sabtu (9/1/2021) menjelaskan, bahwa pameran bonsai merupakan agenda rutin setiap memperingati Hari Jadi Komunitas RKB yang jatuh pada tanggal 1 Januari. “Pameran bonsai ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-3 RKB, merupakan even pameran terbesar dari dua tahun sebelumnya dengan memajang 120 aneka jenis dan bentuk bonsai,” jelas Robby di sela-sela persiapan even.

Robby selaku Ketua Panitia Gebyar Bonsai 2021 dan pengurus Komunitas Rawa Kalibayem Bonsai (RKB). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

“Gebyar Bonsai 2021” atau Pameran Bonsai se-DIY diselenggarakan pada tanggal 11 – 17 Januari 2021, Jam 08:00 WIB – 20:00 WIB, bertempat di Sidorejo RT 01 atau tepatnya di sebelah Barat Destinasi Wisata Rawa Kalibayem, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. Menurut rencana akan dibuka oleh Lurah Ngestiharjo, Minggu (10/1/2021) sore.

“Perlu diketahui bahwa pengunjung pameran bonsai itu tidak seperti pameran produk komputer atau  kuliner yang pengunjungnya bisa meluber. Penggemar bonsai hanya orang-orang tertentu dan tidak semua penghobi tanaman itu suka bonsai, jadi pengunjung pameran bisa dihitung dengan jari,” ungkap Robby.

Salah satu peserta Gebyar Bonsai 2021 yang menghias pohon bonsainya dengan bangunan Pagoda yang menggambarkan nuans tradisional di Tiongkok. (Tedy Kartyadi/ Bernsnews.com)

Sehingga dalam suasana pandemi Covid-19 dan adanya kebijakan pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat, lanjut Robby, tidak akan terjadi pengumpulan pengunjung. Semenetara untuk perijinan kepada Satgas Covid setempat dan persiapan untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat telah dipersiapkan oleh segenap panitia.

“Selain pameran aneka bentuk dan jenis bonsai juga ada demo cara merawat dan membuat bonsai, serta kegiatan penebaran bibit ikan di Rawa Kalibayem yang kini telah menjadi destinasi wisata air unggulan di Kabupaten Bantul,” tutup Robby. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here