Home News Komunitas Podjok Peringati HUT ke-14, Gelar Acara Potong Tumpeng di Titik Nol

Komunitas Podjok Peringati HUT ke-14, Gelar Acara Potong Tumpeng di Titik Nol

137
0
Paguyuban Onthel Djogjakarta (Podjok) memperingati Hari Jadi ke-14 dengan acara potong tumpeng, Sabtu (21/11/2020), di Titik Nol Yogyakarta. (Foto: Kiriman Yusro Hartanto)

BERNASNEWS.COM — Paguyuban Onthel Djogjakarta (Podjok) menggelar acara tumpengan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-14 Podjok, Sabtu (21/11/2020) malam, di Titik Nol, Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri oleh puluhan anggota Podjok dan beberapa tamu onthelis dari luar DIY, antara lain dari Jakarta, Kebumen, Klaten, Purworejo, Tegal,  Magelang, Solo Raya, dan Madiun, Jawa Timur.

“Juga dihadiri oleh para pendiri Podjok, Muntowil,  Ananta,  Bagus Satrio juga sesepuh Podjok dr. Didi Sumarsidi. Sebagai sebebuah paguyuban, Podjok didirikan tepatnya tanggal 19 November 2006 lalu,” terang Yusro Hartanto salah satu anggota komunitas Podjok melalui whatsapp (WA) yang dikirim ke Bernasnews.com, Sabtu (21/11/2020).

Sesepuh Podjok dr. Didi Sumarsidi (kanan) sedang menyampaikan kata sambutan dalam acara pengatan HUT ke-14 Podjok, di Titik Nol Yogyakarta, Sabtu (21/11/2020). Foto: Kiriman Yusro Hartanto.

Dalam sambutannya, Ketua Podjok Muntowil mengucapkan terima kasih atas kehadiran dalam acara peringatan dan acara syukuran HUT ke-14 Podjok, juga sangat mengapresiasi atas kehadiran tamu para onthelis dari beberapa kota di Jawa Tengah, Jakarta dan Madiun, Jawa Timur. Komunitas Podjok telah menyelenggarakan banyak event terkait keberadaan sepeda onthel, salah satunya event Republik Onthel.

“Perjalanan awal pembentukan Podjok memang tidak mudah, dari orang perorang yang mempunyai hobi sama bersepeda onthel dengan memakai busana tempo dulu sehingga dapat terbentuk sebuah paguyuban yang semua itu menjadi energi positif berdirinya Podjok. Semoga kedepan perhelatan Republik Onthel ke-3 dapat terselenggara,” ujar Muntowil.

Ketua Podjok Muntowil berkesempatan potong tumpeng sebagai bentuk syukur HUT ke-14 Podjok. (Foto: Kiriman Yusro Hartanto)

Sementara itu, sesepuh Podjok dr. Didi Sumarsidi menambahkan, bahwa dari Podjok lahir event-event besar termasuk lahirnya Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI). “Masih banyak potensi yang tersembunyi dari para onthelis Podjok. Kami sedang mempersiapkan agar kegiatan sepeda onthel ini bisa mendunia,” ungkap Didi Sumarsidi.

Ketua Podjok Muntowil menyerahkan potongan tumpeng kepada seorang anggota Podjok. (Foto: Kiriman Yusro Hartanto)

Menurut Didi Sumarsidi, bahwa dari Yogyakarta inilah tempat eksibisi sepeda onthel pertama kali sehingga memunculkan komunitas-komunitas sepeda onthel di Indonesia. Ada keguyuban (kerukunan) dalam bersepeda onthel. “Justru dari sepeda onthel kita bisa mengenal watak satria juga proses kebudayaan,” pungkasnya.

Puncak acara HUT ke-14 Podjok ditutup dengan doa syukur bersama, potong tumpeng. Kemudian dilanjutkan dengan ngonthel bersama keliling Kota Yogyakarta, start dan finish dari Titik Nol Kota Yogyakarta, para pesrta dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, memakai masker dan jaga jarak. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here