Home News Komunitas Onthel Podjok Yogyakarta Jamu Tamu dari KOSTI

Komunitas Onthel Podjok Yogyakarta Jamu Tamu dari KOSTI

1058
0
Perwakilan onthelis dari KOSTI Jakarta, tanggal 28-29 September 2019 berkunjung ke Komunitas Podjok Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Puluhan pesepeda onthel dari Komunitas Podjok, Yogyakarta, tanggal 28-29 September 2019, menemani pesepeda onthel atau onthelis dari utusan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dalam rangka Wisata Studi Onthel ke Kota Yogyakarta.

“Acara wisata tersebut keliling bersepeda memutari Kota Yogyakarta, start dari Hotel Hidayah, Jalan H. Agus Salim, Yogyakarta, menuju tempat-tempat wisata, di antaranya Museum Kereta, Kraton, Alun-alun Kidul (Alkid), Sentra Gudeg Wijilan, Malioboro, Beteng Vredeburg, dan Titik Nol. Lantas kembali lagi finish ke Hotel Hidayah,” terang Demang Podjok Kota, Yusro Hartanto kepada Bernasnews.com, Minggu (29/9/2019).

Puluhan sepeda tua berbagai merek dari anggota Komunitas Podjok keluar mendampingi tamu dari perwakilan KOSTI. Komunitas Sepeda Tua Indonesia atau akronim KOSTI merupakan wadah onthelis se Indonesia yang berpusat di Jakarta, diketuai oleh Jendral (Purn) TNI Soeyono. Sementara untuk di DIY sendiri hingga kini belum ada kepengurusan KOSTI, yang sudah ada dan pertama kali berdiri komunitas Podjok yang diketuai atau sebagai Presiden Podjok adalah Muntowil.

“Podjok sebagai wadah paguyuban resmi yang telah diakui oleh Pemerintah DIY, selalu digandeng apabila ada acara-acara yang melibatkan onthelis. Dan diakui sebagai pelaku budaya nguri-nguri sepeda tua di Indonesia. Seperti kegiatan Selasa Wage di Pendestrian Malioboro ataupun kegiatan yang mendukung pariwisata, serta budaya terutama yang mengingatkan romantisme Jogja sebagai kota sepeda,”ujarnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here