Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKomunitas Literasi YBM Terus Belajar dan Berkarya

Komunitas Literasi YBM Terus Belajar dan Berkarya

bernasnews.com – Keberadaan komunitas atau paguyuban penting bagi kelangsungan suatu gagasan, harapan atau impian sekelompok orang. Demikian pula untuk  kegiatan literasi, kehadiran komunitas bukan lagi keniscayaan namun keharusan. Karena dengan adanya komunitas literasi, anggota pegiat literasi dapat belajar dan berkarya secara konsisten.

Hal tersebut disampaikan oleh Pendiri dan Ketua Umum Komunitas Literasi Yuk Belajar Menulis (YBM) Y.B. Margantoro saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 komunitas tersebut di Jalan Kebon Agung, Cebongan, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Minggu (17/4/2022). Peringatan ditandai dengan pemotongan kue dari Ketua Umum YBM dan diberikan kepada praktisi media Praba Pangripta.

Margantoro yang juga praktisi media dan pegiat literasi mengemukakan, komunitas ini dia dirikan di acara pelatihan kepenulisan bagi para guru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY di Hotel Saphir Yogyakarta, 17/4/2018. Dia menjadi salah satu narasumber diklat tersebut. Visi dari komunitas ini adalah membantu pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam kegiatan literasi dan pengelolaan media literasi.

“Selama ini kami sering diundang para pihak atau menyelenggarakan sendiri pendidikan dan pelatihan (diklat) kepenulisan bagi peserta umum atau peserta khusus. Selama diklat  berlangsung, para peserta biasanya penuh semangat. Namun selesai diklat dan terlebih bila tidak diprogram menghasilkan karya nyata, umumnya muncul rasa malas karena terbebani kegiatan rutin. Maka pembentukan komunitas literasi menjadi solusi untuk menghilangkan rasa malas dan kurang percaya diri. Kunci berkarya tulis adalah percaya diri serta berani memulai dan tekun dalam proses,” kata dia.

Menurut dia, Komunitas Literasi YBM selama empat tahun ini sudah melakukan beberapa karya bersama antara lain mengadakan program diklat literasi, lomba menulis, kunjungan lembaga, menerbitkan media pendidikan Majalah Literasi Guru ber-ISSN dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menerbitkan buku-buku ber-ISBN dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini, anggota komunitas Yoseph Nai Helly, S.SiT., M.A membacakan karya puisinya yakni Hari Bahagia dan Cinta Putih.  Karya fiksi ini dia ciptakan secara langsung di tempat acara dan dibacakan sendiri setelah potong kue.

Acara HUT ke-4 YBM ini dihadiri beberapa anggota yang sehari-hari menjabat pengawas sekolah dasar (SD), kepala sekolah, guru TK, SD, SMP dan SLB, praktisi media, serta kepala perpustakaan perguruan tinggi. Mereka adalah Tuginem, S.Pd. M.Pd., Susi Ernawati, S.Pd. , M.Pd., Juriyah, S.Pd., Sri Wijiyati, M.Pd., Lisana, S.Pd., Nisem, S.Pd., Iswanti Latifah, S.Pd., Sugiyarti, M.Pd., Drs Praba Pangripta, Yoseph Nai Helly, S.SiT., M.A.  (mar)       

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments