Home News Komunitas Breaker “Panembahan Semanak” Berhasil Membentuk Pengurus

Komunitas Breaker “Panembahan Semanak” Berhasil Membentuk Pengurus

1405
0
Sebagian anggota komunitas breaker "Panembahan Semmanak" usai rapat foto bersama pemilik nDalem Maharani, Adjie Bantjono, SE (berdiri tshirt putih). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Berawal dari hobi yang sama berkomunikasi melalui perangkat handy talkie (HT) terutama guna bantuan komunikasi koordinasi dan keamanan wilayah terkait pandemi Covid-19, puluhan warga Kelurahan Panembahan, menggelar pertemuan untuk membentuk organisasi komunitas tersebut, Minggu (5/7/2020), di nDalem Maharani GH, Jalan Sawojajar, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Hasil pertemuan tersebut selain berhasil menyusun struktur kepengurusan organisasi, juga bersepakat memberikan nama organisasi atau komunitas tersebut dengan nama komunitas “Panembahan Semanak”. Struktur pengurus organisasi meliputi, Ketua Erwin Arya Ramadhan, Wakil Guntur Aji, Sekretaris I Heru Purwanto, Sekretaris II Wawar Darmawan, Bendahara I Joko Saputro dan Bendara II Rozaki.

“Struktur organisasi masih harus kami lengkapi lagi, terutama posisi sebagai pelindung, Pembina dan beberapa seksi. Juga koordinator wilayah, mengingat keanggotannya berada di wilayah kampung di Kelurahan Panembahan, seperti Kampung Langenastran, Kampung Gamelan, Kampung Suryoputran, Kampung Panembahan dan Kampung Mangunegaran,” ungkap Erwin Arya Ramadhan selaku Ketua didampingi Heru Purwanto, Sekretaris I.

Menurut Erwin, pembentukan komunitas “Panembahan Semanak” lebih pada sebagai wadah silaturahmi antar warga anggota yang sama-sama memiliki kepedulian dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan bantuan sarana prasarana komunikasi setiap ada kegiatan kemasyarakatan. “Dalam waktu dekat pengurus masa bhakti lima tahun ini akan membuat pelatihan komunikasi dan etika komunikasi berbasis frekwensi radio di 160.260 MHz. Juga pengurusan perijinan untuk konsensi para anggota,” imbuh Heru Purwanto.

Sebagai organisasi komunitas hobi ngebreak (istilah komunikasi di udara) tercatat lebih dari 50 warga Kelurahan Panembahan sebagagi pemegang HT maupun beberapa pesawat komunikasi kapasitas besar (Rig), serta ada beberapa anggota simpatisan yang berdomisili di luar wilayah Kelurahan Panembahan. “Berharap Panembahan Semanak dengan repeater yang dimiliki kedepan dapat berjaringan dengan kelurahan-kelurahan lain, khususnya di wilayah Kecamatan Kraton dan Kota Yogyakarta secara umum. Sehingga lebih optimal dalam tugas sebagai bantuan komunikasi maupun kegiatan sosial,” tegas Erwin.

Sementara, Adjie Bantjono, SE selaku penggagas dan fasiltator kegiatan pertemuan tersebut menambahkan, dengan dibentuknya komunitas “Panembahan Semanak” harus bisa menjadi sebuah organisasi yang realistis dalam pembuatan program dan selalu aktif dalam berkegiatan sesuai tujuannya.

“Mengingat Kelurahan Panembahan bagian dari wilayah nJeron Benteng yang juga sebagai destinasi pariwisata di Yogyakarta. Saya berharap teman-teman “Panembahan Semanak” juga bisa berkiprah untuk mengkomunikasikan hal-hal terkait potensi wisata yang ada apabila ada wisatawan yang kebetulan juga mempunyai hobi ngebreak yang menghubungi” tutup Adjie Bantjono yang juga sebagai owner nDalem Maharani GH. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here