Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanKompetensi Literasi Guru Mendukung Keberhasilan Literasi Sekolah

Kompetensi Literasi Guru Mendukung Keberhasilan Literasi Sekolah

BERNASNEWS.COM – Keberhasilan program literasi sekolah khususnya dan gerakan literasi nasional umumnya tergantung banyak pihak dan elemen. Salah satu pihak yang turut menentukan keberhasilan gerakan dan program literasi adalah guru. Oleh karena itu, para guru hendaknya memiliki komitmen, kompetensi dan konsistensi dalam belajar dan berkarya di bidang literasi. Kompetensi literasi guru diharapkan dapat mengimbas ke warga sekolah setempat, khususnya para siswa.

“Kesempatan dan sarana untuk meningkatkan kompetensi literasi guru cukup banyak. Banyak program yang dilaksanakan pemerintah melalui Dinas Pendidikan untuk kegiatan literasi di sekolah. Sarana untuk proses belajar dan berkarya pun juga banyak, antara lain adanya jurnal ilmiah, media sekolah, media pendidikan, sampai media massa. Tinggal kemauan, motivasi dan aksi kongkrit para guru untuk melaksanakan hal itu. Salah satu media pendidikan yang dapat dimanfaatkan para guru untuk keperluan tersebut adalah Majalah Literasi Guru,” kata Pemimpin Umum/Redaksi Majalah Literasi Guru (Maligu) YB Margantoro.

Dia mengatakan hal itu dalam peringatan HUT ke-2 Maligu di kediaman Manager Produksi Maligu Drs Praba Pangripta, Perumahan Bale Asri, Gamping, Sleman, DIY, Sabtu (18/12/2021). Setelah didahului dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Guru, dilaksanakan potong tumpeng oleh Margantoro dan diserahkan kepada anggota redaksi Henny Sri Rantauwati M.Pd yang sehari-hari menjabat Kepala SD Berbah 1 Sleman.

Anggota redaksi lain yang hadir Susy Ernawati M.Pd (Kepala SD N Ngebelgede 1 Sleman), Juriyah S.Pd (Kepala SD N Sariharjo, Sleman), Sugiyarti M.Pd (Guru SMP Muhammadiyah 1 Seyegan, Sleman), Lisana, S.Pd (Guru SLB Bakti Siwi Sleman), Yoseph Nai Helly, S.SiT., MA (Kepala Perpustakaan STPN Yogyakarta), dan Drs Praba Pangripta (Direktur Gema Godam Grafika).

Pemimpin Umum/Redaksi Majalah Literasi Guru (Maligu) YB Margantoro saat memberikan sambutan HUT ke-2 Maligu di Perumahan Bale Asri, Gamping, Sleman, DIY, Sabtu (18/12/2021). Foto : Susy Ernawati, M.Pd

Maligu yang memperoleh International Standar Serial Number (ISSN) 97727751420001 dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini diterbitkan oleh Lembaga Mitra Mekar Berkarya (MMB) Yogyakarta dan CV Gema Godam Grafika Yogyakarta.

Terbit perdana pada momentum Hari Ibu 22 Desember 2019, media berkala ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Media ini memiliki agenda rutin yakni safari literasi, lomba penulisan untuk guru, penerbitan karya buku, kelas menulis, kunjungan lembaga/media dan kegiatan lain di bidang literasi pendidikan. (*/lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments