Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsKlinik Intan Adakan Diklat Literasi Warga di Kelurahan Purwokinanti

Klinik Intan Adakan Diklat Literasi Warga di Kelurahan Purwokinanti

bernasnews.com – Klinik Intan Yogyakarta akan melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pendidikan dan latihan (diklat) literasi jurnalistik warga di Kelurahan Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta, Minggu (26/6/2022). Ini merupakan agenda kesekian kali dari fasilitas kesehatan (faskes) tersebut. Kali ini, diklat menggandeng lagi bernasnews Digital Academy (bDA).

“Bangsa yang besar, menurut Muhadjir Effendi ketika menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017, ditandai dengan masyarakatnya yang literat. Artinya, warga yang memiliki peradaban tinggi dan aktif memajukan masyarakat dunia.

Bangsa dengan budaya literasi tinggi menunjukkan kemampuan bangsa tersebut berkolaborasi, berpikir kritis, dan komunikatif sehingga dapat memenangi persaingan global. Indonesia harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi mulai dari keluarga, sekolah, sampai masyarakat,” kata Penanggung Jawab Klinik Intan dr. Asdi Yudiono kepada bernasnews.com di klinik setempat, Jalan Masjid Nomor 3 Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu (25/6).    

Sebagai dokter faskes di wilayah Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta, Asdi Yudiono juga aktif di Kelurahan Siaga (Kesi) sebagai ketua. Menurut dia, Kesi adalah sebuah gerakan masyarakat yang peduli kesehatan, lingkungan hidup, perilaku hidup sehat, perkembangan generasi penerus sampai dengan lanjut usia (lansia), kegawatdaruratan dan tanggap bencana secara mandiri.

Bersama tim kerja Kesi yakni Roesbandi, Tutik Widiarti, Bambang Riyanto, Sugiyono, Santosa Mulyo, Sari Setyaningrum, Murdo Widodo, dan Dwi Saryono, Asdi Yudiono, dan kawan-kawan juga pernah menorehkan prestasi menerbitkan buku bertajuk Kampungku Bersih & Asri Sehat Warganya (2018). Tercatat, Kesi Purwokinanti sudah beberapa kali menang lomba tingkat Kota Yogyakarta. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments