Home News Kirab Budaya Desa Balecatur Ada The Avangers

Kirab Budaya Desa Balecatur Ada The Avangers

786
0
Tim Avangers mengikuti Kirab Budaya Hari Jadi ke 73 tahun Desa Balecatur, Minggu (15/12/2019). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Kirab budaya dalam rangkaian memperingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 73 Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Minggu (15/12/2019), berlangsung meriah. Kirab budaya sebagai puncak acara peringatan hari jadi tersebut diikuti oleh 18 pedukuhan se Desa Balecatur.

Kepala Desa Balecatur Hj. Sebrat Haryanti menyampaikan sambutan sebelum melepas peserta Kirab Budaya. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)
Camat Gamping Ikhsan Waluyo, S.Sos (kanan) sebagai panglima pasukan berkuda dalam Kirab Budaya. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Kirab budaya menempuh jarak lebih kurang 4 Kilometer, dengan mengambil start dari Dusun Jithengan dan berakhir atau finish di Lapangan Desa Balecatur. Acara dihadiri oleh ribuan masyarakat sekitar yang menyaksikan langsung di pinggiran jalan yang dilalui oleh peserta kirab. Juga tampak hadir Camat Gamping Ikhsan Waluyo, S.Sos.

Peserta Kirab Budaya dari Dusun Jatisawit dengan menampilkan busana opera. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)
Salah satu peserta dengan penampilan busana rumbai-rumbai dari kangkung ala busana daerah Papua. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Kepala Desa Balecatur Hj. Sebrat Haryanti dalam sambutannya, mengucapkan rasa syukur dan  terima kasih kepada seluruh warga Balecatur yang telah berpartisipasi dalam semua rangkaian acara Hari Jadi ke 73 Desa Balecatur.

“Sehingga seluruh rangakaian acara Hari Jadi ke 73 Desa Balecatur  dapat berlangsung lancar tanpa halangan suatu apapun. Semoga acara ini dapat untuk menjalin persatuan dan kesatuan waarga, khususnya di Desa Balecatur. Dan masyarakatnya bisa semakin maju dan sejahtera,” ungkap Sebrat.

Peserta dengan penampilan gunungan yang terbuat dari sayur-sayuran. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)
Bregada Prajurit dengan membawa jodang (peti harta) ikut memeriahkan Kirab Budaya. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Acara yang menampilkan berbagai potensi dari warga masyarakat ini berlangsung meriah, antusias warga sangat tampak dari kepersertaan dalam menampilkan bregada prajurit oleh masing-masing pedukuhan, antara lain Joyo Hartono (Desa Gamol), Jiwo Warsito (Desa Pasekan),  Karto Wiharjo (Desa Jithengan), Prawiro Wigjyo (Desa Sumber).

Salah satu peserta dengan penampilan bregada prajurit ala prajuri Kraton Yogyakarta. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)
Kepala Desa Balecatur Hj. Sebrat Haryanti menyerahkan trofi kejuaraan pada peserta pemenang Kirab Budaya. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Sementara pelaksanaan acara kirab budaya ini juga dilakukan penilaian oleh tim juri dan kali ini pemenangnya, adalah Juara Pertama jatuh pada Dusun Pereng Dawe, Juara Kedua Dusun Jatisawit, dan Juara Ketiga Dusun Kluwih. Untuk Juara Harapan Satu Dusun Sumber, Juara Harapan Dua Dusun Nyamplung, dan Juara Harapan Ketiga oleh Dusun Temuwuh. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here