Kinerja Logistik Sangat Menentukan Terhadap Kinerja Perusahaan

    134
    0
    Dr Qurtubi ST MT, Dosen Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri UII, dalam jumpa pers seacra daring pada Jumat 7 Mei 2021. Foto : Jerri Irgo

    BERNASNEWS.COM –Kinerja perusahaan sangat ditentukan oleh kinerja logistik. Sementara kinerja logistik sangat ditentukan oleh 4 variabel yakni variabel eksogen efisiensi logistik, efektifitas logistik, diferensiasi logistik dan sertifikasi halal. 

    Dari 4 variabel tersebut, variabel efisiensi logistik berpengaruh negatif terhadap kinerja logistik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p 0,542 > 0,05. Sementara 3 variabel lainnya, yakni efektifitas logistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja logistik, ditunjukkan nilai p 0,000 < 0,05. Demikian pula variabel diferensiasi logistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja logistik, yang ditunjukkan dengan nilai p 0,000 < 0,05 sert sertifikasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja logistik dengan nilai p 0,000 < 0,05.

    Hal itu disampaikan Dr Qurtubi ST MT, Dosen Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri UII, dalam jumpa pers seacra daring pada Jumat 7 Mei 2021. Hal ini terkait dengan hasil penelitiannya untuk disertasi gelar doktor dengan judul Pengaruh Kinerja Logistik terhadap Kinerja Perusahaan dengan Variabel Eksogen Efisiensi Logistik, Efektifitas Logistik, Diferensiasi Logistik dan Sertifikasi Halal.

    Menurut Qurtubi, efisiensi logistik berpengaruh negatif terhadap kinerja logistik, karena tingginya penerapan efisiensi logistik akan menurunkan kinerja logistik. Selain itu, dengan tingginya indikator-indikator efisiensi logistik ada kemungkinan biaya menjadi meningkat tidak sebanding dengan hasil kinerja logistik yang didapat. Jika dilihat dari indikator-indikator tersebut, untuk mencapai efisiensi logistik yang baik tentu membutuhkan usaha dan biaya yang tinggi.

    Sekretaris Jurusan M Ragil Suryoputro. Foto : Jerri Irgo

    Sementara ffektifitas logistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja logistik.Sebab, semakin baik pengimplementasian efektifitas logistik pada industri minuman maka semakin mendorong tingginya kinerja logistik pada industri minuman.

    Penilaian terhadap efektifitas logistik berkenaan dengan kinerja aktual dengan kinerja yang direncanakan. Karena itu temuan ini menekankan pentingnya kemampuan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, misalnya penjualan, biaya transportasi, biaya pergudangan, biaya persediaan dan biaya logistik keseluruhan.

    (Baca juga : Service-Dominant Logic Sebuah Metode Mengoperasikan Model Bisnis Berbasis Jasa)
     
    Sedangkan diferensiasi logistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja logistik. Artinya semakin baik penerapan diferensiasi logistk pada industri minuman maka semakin mendorong tingginya kinerja logistik pada industri minuman. Penilaian terhadap diferensiasi logistik berkenaan dengan kegiatan logistik perusahaan dibandingkan dengan pesaing, sehingga hasil ini menunjukkan pentingnya pemahaman kegiatan logistik dibandingkan pesaing.

    Karena itu, menurut Qurtubi, pimpinan/penanggung jawab logistik perlu membandingkan kegiatan logistik dengan kegiatan logistik pesaing dan memantau hasil logistik perusahaan lain.
     
    Menurut Qurtubi, sertifikasi halal juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja logistik. Sebab, semakin baik penerapan sertifikasi halal akan mendorong semakin tingginya kinerja logistik. Hal ini menjelaskan bahwa sertifikasi halal sebagai sumber daya berwujud (berupa sertifikasi, logo dan pedoman proses) dan sebagai sumber daya tidak berwujud (berupa citra dan reputasi) dapat menjadi sumber kinerja logistik di industri minuman.
     
    Dengan demikian, menurut Qurtubi, kinerja logistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Karena kinerja logistik mampu memediasi efektifitas logistik, diferensiasi logistik dan sertifikasi halal terhadap kinerja perusahaan. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan meningkatkan efektifitas logistik, diferensiasi logistik dan sertifikasi halal melalui kinerja logistik.

    Menurut Qurtubi, kondisi efisiensi logistik yang berpengaruh negatif terhadap kinerja logistik perlu menjadi perhatian pimpinan/penanggung jawab logistik agar mempunyai kemampuan beroperasi secara efisien diprioritaskan pada pemenuhan aspirasi pelanggan sehingga biaya yang dikeluarkan untuk dapat efisien dan menghasilkan kinerja logistik yang lebih baik.

    Mengenai efisiensi logistik dan efektifitas logistik yang mungkin saja oleh manajer logistik secara tradisional diasumsikan saling ekslusif sehingga menghadapi pilihan yang sulit untuk berusaha efisien atau berusaha efektif, pimpinan/penanggung jawab logistik perlu inovatif dan mengembangkan strategi dan taktik agar efisien dan efektif dapat dicapai secara bersamaan.

    Sementara penerapan sertifikasi halal dapat ditingkatkan melalui perspektif kualitas (quality), waktu (time), biaya (cost) dan fleksibilitas (flexibility).” Bukti empiris ini dapat memberikan kepercayaan diri dan motivasi tambahan bagi pengelola IKM untuk dapat mematuhi standar sertifikasi halal guna meningkatkan kinerja IKM,” kata Qurtubi.

    Qurtubi mengatakan bahwa lingkungan bisnis yang semakin kompetitif mendorong tingginya tingkat persaingan dan berdampak kuat pada kinerja perusahaan. Sementara kinerja perusahaan berperan penting dalam pertumbuhan usaha. Kajian terhadap kinerja perusahaan telah banyak dilakukan oleh sejumlah peneliti dengan melibatkan berbagai variabel sebagai anteseden, salah satunya adalah kinerja logistik.

    Sekretaris Jurusan M Ragil Suryoputro mengatakan bahwa hasil penelitian Dr Qurtubi diharapkan dapat membuka wawasan dan menanamkan lebih dalam implementasi nilai-nilai yang didapatkan di bangku kuliah sekaligus merajut jaringan, memperluas keberagaman perspektif dalam dunia keteknikindustrian. (lip)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here