Home Ekonomi Kinerja KSP CU Dharma Bakti Dipuji Dinas Koperasi dan UKM DIY Maupun...

Kinerja KSP CU Dharma Bakti Dipuji Dinas Koperasi dan UKM DIY Maupun Sleman

746
0
Muspika Kecamatan Mlati foto bersama Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY Drs Sultoni Nur Rifai (ketujuh dari kanan) dan Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Drs Teguh Budianto (keenam dari kanan) serta Ketua Inkopdit Jatra Wiguna Theresia Supartinah Sunardi (kedelapan dari kanan) dan General Manager KSP CU Dharma Bakti Yosef F Semana SH (keempat dari kanan) pada pembukaan RAT KSP CU Dharma Bakti di Gedung BKN Regional I Sendangadi, Mlati, Sleman, Sabtu (18/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM — Kinerja dan prestasi Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (KSP CU) Dharma Bakti dipuji oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY maupun Kabupaten Sleman. Beberapa kinerja dan prestasi KSP CU Dharma Bakti yang mendapat pujian itu antara lain pertumbuhan aset/kekayaan koperasi yang mencapai di atas 20 persen.

Selain itu, pertambahan anggota yang terus meningkat setiap tahun, pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang lebih awal serta Sisa Hasil Usaha yang terus meningkat.

Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY Drs Sultoni Nur Rifai memukul gong tanda dibukanya RAT KSP CU Dharma Bakti, Sabtu (18/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Sangat jarang koperasi di DIY yang mengalami pertumbuhan di atas 20 persen dan baru KSP CU Dharma Bakti yang mengalami pertumbuhan aset/kekayaan di atas 20 persen atau tepatnya 22,01 persen pada tahun 2019. Selain itu, belum banyak koperasi yang mengadakan RAT pada bulan Januari dan baru KSP CU Dharma Bakti yang rutin mengadakan RAT lebih awal yakni pada bulan Januari. Ini menunjukkan pengelolaan keuangan dan kinerja pengurus, pengawas dan karyawan KSP CU Dharma Bakti sangat baik dan sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan/apresiasi tingkat nasional,” kata Drs Sultono Nur Rifai, Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY, pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP CU Dharma Bakti di Gedung BKN Regional I Jalan Magelang Sendangadi, Mlati, Sleman, Sabtu (18/1/2020).

Ketua Inkopdit Jatra Wiguna Theresia Supartinah Sunardi (kiri) menyalami Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY Drs Sultoni Nur Rifai usai membuka RAT KSP CU Dharma Bakti, Sabtu (18/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Sebelumnya, pada tahun 2019 KSP CU Dharma Bakti yang beralamat di Jalan Kabupaten Dusun Jaten, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman meraih Peringkat Pertama Koperasi Berprestasi Tahun 2019 tingkat Provinsi DIY dan Juata I tingkat Kabupaten Sleman untuk kategori Koperasi Simpan Pinjam. Prestasi itu dicapai atas kinerja dan perkembangan koperasi tersebut yang sangat baik.

Atas prestasi itu, KSP CU Dharma Bakti mendapat Sertifikat dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Piagam Penghargaan dari Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi dan diterima Ketua KSP CU Dharma Bakti Theresia Supartinah Sunardi.

General Manager KSP CU Dharma Bakti Yosef F Semana SH (kanan) mendampingi jajaran Muspikan Kecamatan Mlati dan Kabid Koperasi dan UKM DIY maupun Kabupaten Sleman pada pembukaan RAT KSP CU Dharma Bakti, Sabtu(18/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Menurut Sultoni Nur Rifai, sebuah koperasi dinyatakan baik dan sehat dilihat dari pertumbuhan aset/kekayaan, pertambahan anggota baru, peningkatan SHU, penyelenggaraan RAT secara rutin dan tepat waktu serta peningkatan jumlah pinjaman yang disalurkan. Dan semua itu sudah dipenuhi KSP CU Dharma Bakti sehingga sangat layak untuk mendapatkan penghargaan tingkat nasional setelah mendapat penghargaan dari tingkat Kabupaten Sleman dan Provinsi DIY sebagai koperasi berprestasi peringkat pertama tingkat Kabupaten Sleman dan Provinsi DIY.

Pujian yang sama juga disampaikan Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Drs Teguh Budianto. Dikatakan, kinerja dan prestasi KSP CU Dharma Bakti selama ini sangat baik dan sehat. Dan KSP CU Dharma Bakti ikut berkontribusi dan berperan membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan melalui bantuan modal usaha kepada anggota.

Dua karyawati KSP CU Dharma Bakti membawakan tari gombyong pada pembukaan RAT KSP CU Dharma Bakti, Sabtu (18/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Selama ini KSP CU Dharma Bakti telah berkontribusi membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Dan ini juga sejalan dengan tugas Dinas Koperasi dan UKM yang diberikan oleh Bupati Sleman untuk mengentaskan kemiskinan dan KSP CU Dharma Bakti sudah membuktikannya,” kata Teguh Budianto.

Sekretaris Kecamatan Mlati Rohmianto juga membenarkan bahwa KSP CU Dharma Bakti ikut berperan mengentaskan kemiskinan di Kecamatan Mlati. Dan ini sesuai dengan salah satu tujuan koperasi yakni menyejahterakan anggota. Dengan berkurangnya kemiskinan berarti kesejahteraan masyarakat/anggota makin meningkat.

Karena itu, Rohmianto berharap agar apa yang dilakukan dan dicapai KSP CU Dharma Bakti selama ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Dengan demikian, keberadaan koperasi benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama anggota.

Ketua Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) Jatra Wigunan Theresia Supartinah Sunardi yang membawahi 24 koperasi primer, termasuk KSP CU Dharma Bakti, mengatakan, dari 24 koperasi primer yang dinaungi Inkopdi Jatra Wiguna, KSP CU Dharma Bakti yang paling menonjol kinerja dan prestasinya.

Karena itu, ia mendorong dan bertekad agar semua koperasi primer yang berada di bawah naungan Inkopdit Jatra Wiguna bisa menunjukkan kinerja dan prestasi yang sama. “Dan saya percaya semua koperasi primer bisa mewujudkan hal itu,” kata Theresia Supartinah Sunardi.

Seperti diberitakan Bernasnews.com sebelumnya, selama tahun 2019 pertumbuhan aset/kekayaan KSP CU Dharma Bakti mengalami peningkatan sebesar 22,01 persen atau mencapai Rp 48.748.580.732 dibandingkan dengan aset per 31 Desember 2018 yang hanya Rp 39.951.355.302.

Peningkatan aset/kekayaan disebabkan karena adanya pertumbuhan simpanan saham anggota sebesar 13,55 persen, simpanan non saham meningkat 24,03 persen. Sementara pelayanan pinjaman kepada anggota selama 2019 sebesar Rp 15.375.600.000. “Hal ini berpengaruh terhadap kontribusi pendapatan di KSP CU Dharma Bakti sehingga pendapatan meningkat sebesar 22,12 persen,” kata Ketua KSP CU Dharma Bakti Theresia Supartinah Sunaradi.

Sementara Sisa Hasil Usaha (SHU) per 31 Desember 2019 mencapai Rp 708.125.772 atau meningkat 14 persen dibanding SHU per 31 Desember 2018 sebesar Rp 605.539.671.

Sementara jumlah anggota KSP CU Dharma Bakti pada akhir 2019 sebanyak 5.805 orang. Selain anggota perorangan, KSP CU Dharma Bakti juga memiliki anggota kelompok yang terdiri dari Kelompok Margokaton (Seyegan), Kelompok Sidoarum (Godean), Kelompok Kaliduren (Moyudan), Kelompok Karang Tengah (Pengasih), Kelompok Karangsari (Pengasih), Kelompok Kedungsari (Pengasih), Kelompok Sagan (Yogyakarta), Kelompok Pasar Bantul (Bantul), Kelompok Donoharjo (Sleman) dan Kelompok Perum Nogotirto (Sleman). (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here