Home Opini Terobosan Baru Bisnis di Masa Pandemi

Terobosan Baru Bisnis di Masa Pandemi

125
0
Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta

BERNASNEWS.COM – Pandemi Covid 19 benar-benar telah memukul para pelaku usaha atau pelaku bisnis tanpa terkecuali. Maka sesuai judulnya, tulisan ini mengajak para pelaku bisnis agar tetap eksis menghadapinya, dan tidak akan mengalami keterpurukkan yang berkepanjangan.

Bagaimana kiat terobosan baru yang dapat dilakukan dalam kegiatan bisnis untuk menjawab pertanyaan : Apakah Anda mempunyai sebuah impian yang ingin diraih?

Memenuhi impian dan mengembangkan kemampuan di bidang yang rasanya tidak mungkin terjadi, dapat disederhanakan dengan kata terobosan. Maka kita harus mampu mencapai titik terobosan baru. Apakah ingin terobosan baru dalam bisnis Anda, kehidupan pribadi, kesejahteraan emosional, kesehatan, keuangan atau karir? Jadi kita semua menginginkan terobosan baru itu terjadi. Namun terobosan baru tidak akan terjadi seperti membalikkan telapak tangan, karena ada hal-hal yang harus dilakukan, ada kiat tertentu yang dapat dilakukan dalam terobosan tersebut.

Pertama, temukan strategi yang tepat; apa yang membuat orang berhasil sementara yang lain tidak atau gagal, padahal mempunyai antusiasme atau semangat yang sama untuk tujuan-tujuan yang ada. Mereka memiliki wawasan berbeda dan strategi yang memungkinkan untuk menyelesaikan lebih cepat.

Ambil contoh saja seseorang yang dilahirkan sangat miskin, tanpa penididikan, mempunyai tantangan emosional dan keuangan, namun dapat menemukan cara untuk menjadi sangat sukses dan menjalani kehidupan dengan penuh inspirasi. Apakah itu suatu keuntungan? Ternyata tidak, karena yang membuat orang itu berhasil adalah adanya strategi yang membuatnya konsisten selama beberapa dekade atau beberapa waktu dalam mencapai tujuan. Sebuah strategi dapat memberikan perbedaan dan itu dapat saja terjadi dalam sekejap.

Kedua, jadilah optimis; kita kemungkinan mempunyai kisah yang bisa diceritakan kepada diri kita senidiri tentang faktor yang membuat kita mampu atau tidak mampu melakukan dan atau mencapai sesuatu dalam hidup ini. Setiap hal yang terjadi merupakan wujud nyata dan harapan kita. Mengapa? Karena harapan kita merupakan fokus, persepsi dan bahkan cara dalam bertindak. Bila kita menemukan strategi yang tepat, itu karena kita memiliki optimisme bahwa itu akan terwujud. Janganlah merasa pesimis dalam menjalani kehidupan ini.Yakinlah dan jadilah optimis sehingga Anda akan terus terpacu untuk mewujudkan impian.

Ketiga, kendalikan suasana hati; kisah kehidupan seseorang dapat menjadi potensi kita dan emosional yang dialami saat itu. Sebagai manusia, kita mengembangkan pola emosional yang juga dikenal sebagai suasana hati, dan lebih dikenal dengan mood. Inilah yang membuat cara seseorang memandang kehidupan dengan berbeda.

Suasana hati akan mempengaruhi terhadap apa yang akan dilakukan, dan apa yang dapat kita capai atau tidak. Suasana hati pula yang membantu seseorang memenuhi strategi yang diperlukan untuk berhasil dan menghasilkan apa yang memotivasi. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mengubah suasana hati ketika tidak dapat memaksimalkan potensi kita? Kita dapat mengubah suasana hati emosional dengan perubahan radikal dalam phisiologi Anda, yaitu lewat :

Pernapasan; jika seseorang mengalami stress, maka dapat memperoleh kelegaan dengan cara ambil napas yang panjang atau dalam-dalam. Karena dengan bernapas seperti itu, maka 70 persen racun yang ada dalam tubuh dapat dilepaskan lewat napas  yang dapat mengubah suasana tersebut menjadi mengurangi kecemasan.

Fokus; hal yang juga mempengaruhi suasana hati adalah fokus. Misalnya dalam suasana yang sedih, kemudian muncul seseorang yang dapat mengubah suasana tersebut menjadi penuh gelak dan tawa. Dalam sekejap suasana akan berubah secara total. Setiap hal yang kita fokuskan akan dapat mengubah suasana hati dan keadaan kita. Ini semua akan berdampak pada upaya untuk memaksimalkan kemampuan dan strategi yang akan membantu dalam mencapai apa yang benar-benar kita kejar. Ini adalah fokus besar yang dapat mengubah kualitas kinerja

Oleh sebab itu carilah strategi yang tepat, kendalikan suasana hati dan jadilah optimis. Itulah yang merupakan tiga langkah utama yang dapat dilakukan dalam membuat terobosan baru di  bidang bisnis dan setiap aspek kehidupan. Selamat mencoba dengan terobosan baru, tetap semangat. Semoga. (Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here