Home Opini Kiat Menyusun Rencana Pemasaran bagi Usaha Kecil

Kiat Menyusun Rencana Pemasaran bagi Usaha Kecil

572
0
Hari Nurweni, Staf Pengajar STIM YKPN

BERNASNEWS.COM – Kesuksesan dalam kampanye pemasaran yang dilakukan oleh setiap perusahaan tidak ditandai dengan banyaknya uang yang telah dikeluarkan, namun lebih ditekankan pada kemampuan memahami dengan baik bagaimana kebiasaan membeli para pelanggan.

Bagaimana kiat-kiat meraih kesuksesan dalam kampanye pemasaran di atas, bisa kita lihat pada rencana pemasaran yang telah disusun oleh perusahaan. Dalam rencana pemasaran dilakukan identifikasi siapakah yang menjadi pelanggan sasaran perusahaan, dan diuraikan pula bagaimana cara perusahaan menarik dan mempertahankan pelanggan. Fokus utamanya adalah meraih dan mempertahankan keunggulan bersaing yang telah dimiliki perusahaan.

Menyusun rencana pemasaran usaha kecil

Pemasaran merupakan proses penyampaian barang dan jasa yang diinginkan pelanggan, termasuk kegiatan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Keberhasilan pemasaran terletak pada kemampuan untuk memahami permintaan, kebutuhan, dan keinginan pelanggan sebelum perusahaan pesaing melakukannya.

Aktivitas pemasaran harus memberikan layanan, kenyamana dan nilai bagi pelanggan agar pelanggan mau kembali lagi untuk membeli. Bicara usaha kecil pada umumnya persepsi kita bahwa usaha ini mempunyai keterbatasan dana. Dengan demikian dalam menyusun sebuah rencana pemasaran masalah dana menjadi pertimbangan, termasuk di dalamnya strategi pemasaran yang harus disusun. Di sini, rencana pemasaran yang disusun lebih memfokuskan pada pelanggan, di mana kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama.

Rencana pemasaran harus meliputi empat hal yakni menetapkan pasar sasaran khusus yang akan dilayani perusahaan ini; menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan, melalui riset pasar; menganalisis keunggulan, menyusun lan kompetitif  perusahaan dan menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan keunggulan perusahaan; dan menciptakan bauran pemasaran yang memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Menentukan Pasar Sasaran

Langkah pertama dalam menyusun rencana pemasaran adalah mengidentifikasi pasar sasaran, yaitu kelompok pelanggan  tertentu di mana perusahaan mengarahkan barang dan jasanya. Para pengusaha kecil yang smart tentu saja tidak akan menghambur-hamburkan sumberdaya.  Pengusaha kecil harus mengikuti pendekatan pemasaran yang lebih terfokus pada pelanggan (strategi yang digerakkan oleh pelanggan).

Strategi ini bisa menjadi alat strategi yang ampuh. Khususnya bagi usaha kecil yang pada umumnya  mempunyai sumberdaya yang terbatas. Pelanggan akan bereaksi ketika perusahaan mau meluangkan waktu untuk mempelajari kebutuhan unik mereka.

Menentukan Kebutuhan dan keinginan Pelanggan malalui Riset Pasar   

Perubahan faktor demografis merupakan faktor pendorong yang bisa mengubah lingkungan bisnis perusahaan. Pergeseran terkait dengan pendapatan, pendidikan, gaya hidup akan berpengaruh besar terhadap aktivitas bisnis yang dijalankan perusahaan.

Perusahaan dalam hal ini harus melakukan penyesuaian atas strateginya. Dengan melakukan riset pasar perusahaan akan bisa memahami pasar, pelanggan dan pesaingnya.   

Menciptakan Keunggulan Bersaing

Keunggulan bersaing sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Perusahaan kecil bisa menghadapi persaingan yang sangat ketat dari perusahaan besar dengan cara memberikan layanan dan produk yang tidak dapat  disediakan oleh para pesaing besarnya. Misalnya layanan pribadi, dan pembayaran yang lebih fleksibel. Hubungan yang dekat dengan pelanggan dan fleksibilitas manajemen merupakan dasar yag kokoh untuk membangun keunggulan bersaing.

Prinsip Pemasaran Usaha Kecil

 Para pengusaha kecil harus mampu berinovasi untuk mengembangkan strategi pemasarannya ketika mengembangkan produk baru. Adapun prinsip-prinsip pemasaran untuk menciptakan strategi yang “jos” adalah menemukan ceruk pasar dan mengisinya; jangan hanya menjual, tetapi menghibur; berusaha keras untuk menjadi unik; berhubungan dengan pelanggan pada tingkat emosi; menciptakan identitas perusahaan melalui merek; membuat blog; fokus pada pelanggan; fokus pada kualitas; perhatikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan; konsentrasi pada inovasi; dan dedikasi pada layanan dan kepuasan pelanggan; serta meningkatkan kecepatan.

Rencana pemasaran fokus pada pelanggan, berisi tentang identifikasi pelanggan sasaran, cara menarik dan mempertahankan pelanggan. Mmbuat rencana pemasaran yang baik sebagai bagian dari rencana bisnis akan meningkatkan kemampuan para pebisnis dalam membangun perusahaan yang sukses. (Hari Nurweni, Staf Pengajar STIM YKPN)

Yogyakarta, 19 Januari 2020

Hari Nurweni

Wacana

Penutup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here