Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaKi R Bambang Widodo Raih Penghargaan "Bintang Soko Guru Kisma 'Bumi'"

Ki R Bambang Widodo Raih Penghargaan “Bintang Soko Guru Kisma ‘Bumi'”

bernasnews.com – Yayasan Riyadhatul Ihsan dan Yayasan Tunas Sejati di bawah naungan ISAQ Center menggelar acara Malam Penghargaan Paramanugraha Kritakritya di Mezzanine Ballroom Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 19 Maret 2022. Dari 10 kategori penghargaan yang akan diberikan, salah satunya diterima oleh Ki R Bambang Widodo SPd MPd, Ketua Umum Barahmus DIY yang juga Ketua I DPP AMI.

Ki R Bambang Widodo SPd MPd menerima penghargaan dengan kategori Bintang Soko Guru Kisma ‘Bumi’. Penghargaan ini dipersembahkan kepada mereka yang telah berhasil menjadi pemimpin wicaksana, pengayom dalam bidang seni budaya, jurnalis mumpuni, mengabdi di bidang pendidikan, berjiwa Pancasila dan menyumbangkan kekayaan karakter bagi bangsa.

Menurut Ki R Bambang Widodo kepada bernasnews.com pada Kamis 17 Maret 2022, sesuai dengan judul acara penghargaan yaitu Paramanugraha memiliki arti “pemberian tertinggi” dan Kritakritya memiliki arti “yang menyelesaikan tugasnya dengan kebaikan-kebaikan yang ada pada dirinya”.

Selama ini Ki R Bambang Widodo selain aktif menulis opini di koran terbitan Jogja, juga mendapat penghargaan dari berbagai lembaga/instansi. Di antaranya penghargaan Setyakarti (pengabdian 25 tahun di Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa tahun 2005), penghargaan Nayaka Pariwisata Berkelanjutan dari Menteri Pariwista RI tahun 2018, Surat Pengakuan dari Keluarga almarhum Ki S Mangunsarkoro sebagai Inisiator Pengususul Ki S Mangunsarkoro mendapat gelar Pahlawan Nasional tahun 2018, Surat Penghargaan dari Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia sebagai Pencipta Nama Penghargaan Nugroho Satya Bhakti Budaya tahun 2020 dan Penghargaan Satyabakti (pengabdian 40 tahun) dari Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa).

Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd. Foto : Dok pribadi

Menurut Bambang Widodo, acara Malam Penghargaan Paramanugraha Kritakritya terdiri atas rangkaian pemberian penghargaan kepada para insan yang telah berhasil dan tuntas dalam melaksanakan tugas serta mempersembahkan hasil dan karya yang terbaik. Karya dihasilkan merupakan buah dedikasi, perjuangan, pengorbanan, keteguhan dan ketulusan dari para penerima penghargaan demi mewariskan ilmu yang bermanfaat bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

Tugas yang telah diselesaikan merupakan amanah luhur dari para pejuang dan pendiri bangsa dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa sebagai tongkat estafet yang seharusnya menjadi perhatian bagi para pemimpin bangsa. Para penerima penghargaan merupakan insan yang berwawasan kebangsaan, tulus berperan serta dan berkiprah dalam pendidikan dan pembangunan karakter anak bangsa. Seluruh karya telah disuguhkan dan nyata digerai bagi generasi penerus bangsa saat ini.

Selain Bintang Soko Guru Kisma ‘Bumi’, penghargaan yang diterima Ki R Bambang Widodo, 9 penghargaan yang akan diberikan kepada 9 tokoh lainnya adalah kategori Bintang Amanah Adiluhung yang dipersembahkan kepada mereka yang telah rela ditempa baik intelektual, mental, spiritual untuk menerima dan mewarisi ribuan Mahakarya sebagai Amanah Adiluhung, amanah yang agung, luhur, suci dan mulia.

Kemudian, Bintang Maha Satya Mulya yang dipersembahkan kepada mereka yang telah berhasil berjuang dan mengabdi dengan ketulusan, kemuliaan dan kesetiaan sebagai pendamping seseorang yang telah menghasilkan ribuan Mahakarya untuk dipersembahkan kepada bangsa. Selain itu, Bintang Mahakarya Mahapawitra dipersembahkan kepada yang telah berhasil berkarya secara holistik dalam bidang pendidikan, keagamaan, sosial, kemanusiaan, ekonomi, koperasi, seni, budaya, penggerak museum, jurnalistik, karakter bangsa dan telah menghasilkan ribuan Mahakarya dalam bentuk karya intelektual, karya buku, karya sastra, karya lagu, karya tari, karya lukis, karya kriya, karya batik yang telah digerai untuk Bangsa di Museum Serat Holistik Kehidupan Susilawati Susmono Yogyakarta dan Galeri Susilawati Bangka.

Selanjutnya Bintang Mahapawitra Paripurna dipersembahkan kepada yang telah berhasil membuka “Gapura Kerahayuan” pada awal abad 21 sebagai Guru Besar Tasawuf, berjiwa Pancasila, terpatri dalam buku-buku karyanya yang telah dipersembahkan untuk Bangsa. Kemudian, Bintang Maha Satya Mulya dipersembahkan kepada yang telah berhasil berjuang dan mengabdi dengan ketulusan, kemuliaan dan kesetiaan sebagai pendamping dari seseorang yang telah menghasilkan puluhan buku untuk dipersembahkan kepada bangsa.

Sementra Bintang Mahaiswara Jiwa Mardika dipersembahkan kepada yang telah berhasil mendirikan pendidikan karakter sekaligus mengembangkan potensi melalui kurikulum yang berbasis karakter agar setiap diri mencapai jiwa merdeka. Dan Bintang Mahaiswara Chandradimuka dipersembahkan kepada yang telah berhasil menempa para pribadi untuk sejalan antara ilmu, pengetahuan dan amal perbuatan serta Bintang Kira Saktika Candrawati dipersembahkan kepada yang telah berhasil mengayomi keluarga besar dengan cahaya intelektual, spiritual dan perbuatan ihsan yang nyata (ISAQ).

Selain itu, Bintang Eksha Sarasilah Purnacita adalah puncak penghargaan dari seluruh penghargaan, dipersembahkan kepada yang telah berhasil memberi contoh menapaktilasi orang-orang dahulu mewarisi nilai-nilai luhur dengan termetodologi berdasarkan filosofi leluhur tata, titi, titis, tetep, tutup, tuntas dalam membangun Nation and Character Building.

Penghargaan yang diberikan tentu tidak sebanding dengan buah karya, gagasan, pemikiran dan tindakan nyata yang telah dihasilkan para penerima penghargaan kepada negeri selama ini. Namun, diharapkan  perwujudan rasa syukur dan penghargaan yang tulus ini dapat menjadi pemantik semangat bagi anak bangsa untuk meneladani para penerima penghargaan dalam menuntaskan perjalanan pembangunan karakter diri dan bangsa sebagaimana amanah dan cita-cita para leluhur pendiri bangsa. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments