Home News Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto : Tiga Prioritas Masalah yang...

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto : Tiga Prioritas Masalah yang Perlu Ditangani

112
0
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (kiri) dan Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembayun Setyaning Astuti MKes (tengah berkerudung) saat memberi penjelasan dalam Forum Diskusi Wartawan terkait program percepatan vaksinasi di Gedung DPRD DIY, Jumat 26 Maret 2021.Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan, ada tiga prioritas yang mendesak dikerjakan pemerintah bersama DPRD DIY dan masyarakat. Pertama, percepatan penuntasan Covid-19 melalui upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Kedua, pemulihan ekonomi dan ketiga menjamin ketersediaan pangan selama masa puasa bulan Ramadhan hingga Lebaran mendatang.

Dalam Forum Diskusi Wartawan di Gedung DPRD DIY bersama Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembayun Setyaning Astuti MKes, Jumat 26 Mare 2021, Eko Suwanto mengatakan bahwa percepatan upaya penuntasan pandemi Covid-19 dengan cara menghentikan atau mengurangi penyebaran atau penularan Covid-19 antara lain dilakukan melalui percepatan pelaksanaan program vaksinasi, misalnya, dengan melakukan vaksinasi massal di beberapa tempat.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin serta penerapan PPKM (Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Kelmudian, penjagaan secara ketat daerah perbatasan untuk mencegah masuknya orang luar DIY yang berpotensi menyebarkan atau menularkan Covid-19.

Sementara dalam hal pemulihan ekonomi, menurut Ketua Komisi A dari Fraksi PDI Perjuangan ini, perlu bantuan permodalan dan fasilitas-fasilitas berupa kemudahan berusaha bagi pengusaha kecil yang punnya potensi cepat pulih. Salah satu cara yang dilakukan adalah semua instansi pemerintah wajib menggunakan produk lokal UKM dalam setiap kegiatan atau acara. Misalnya, setiap rapat wajib menggunakan makanan dan minuman yang diproduksi pengusaha kecil.

“Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Sebab, dengan meningkatnya konsumsi atau penggunaan produk pengusaha kecil akan mendorong usaha mereka bergerak cepat. Bila itu yang terjadi maka maka ekonomi akan segera pulih,” kata Eko Suwanto.

Sementara dalam hal menjamin ketersediaan pangan selama bulan puasa Ramadhan hingga Lebaran, menurut Eko Suwanto, mulai sekarang Pemda perlu mendata jumlah kebutuhan dan ketersediaan pangan untuk mengetahui apakah mencukupi atau tidak. Bila tidak maka mulai sekarang perlu dilakukan pengadaan barang kebutuhan guna memenuhi kebutuhan selama bulan puasa hingga Lebaran.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembayun Setyaning Astuti MKes mengatakan, pihaknya akan melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi. Untuk itu, Dinas Kesehatan DIY akan melakukan vaksinasi pada guru dan pelaku wisata sebagai upaya agar sekolah tatap muka dapat berlangsung beberapa bulan ke depan. Pelaku wisata juga menjadi prioritas agar bidang yang menjadi andalan DIY tersebut segera pulih.

”Untuk antisipasi proses sekolah tatap muka, akan diutamakan untuk pendidiknya dulu, dosen, guru dan tenaga pendidikan lainnya. Sedangkan untuk murid kami masih menunggu arahan dari pusat. Dan proses vaksinasi yang sudah berjalan selama ini tidak ada kendala berarti,” ujar Pembayun.

Dikatakan, pemerintah pusat selalu siap memberikan vaksin ketika proses di lapangan berjalan lancar. Karena itu ia mengingatkan agar mereka yang telah mendapa undangan divaksin agar bisa mengikuti sesuai jadwal yang ditentukan. Ia juga menegaskan meskipun telah mengikuti vaksinasi, protokol kesehatan harus tetap dilakukan. (lip)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here