Home News Ketua Dewan Kebudayaan DIY dan Dosen UGM Meninggal Mendadak

Ketua Dewan Kebudayaan DIY dan Dosen UGM Meninggal Mendadak

640
0
Ketua Dewan Kebudayaan DIY yang juga Dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM Dr Djoko Dwiyanto M.Hum. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Ketua Dewan Kebudayaan DIY yang juga Dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM Dr Djoko Dwiyanto M.Hum (67) meninggal secara mendadak di kediamannya di Kampung Purwokerto, Dusun Karangmojo, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Jumat (18/9/2020) pagi. Jenasah almharum dimakamkan di Giripurna, Dusun Tonobakal, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Jumat (18/9/2020) petang.

Almarhum yang meninggalkan seorang isteri dan 3 anak tersebut mendadak lemas setelah mandi di rumahnya, Jumat (18/9/2020) sekitar jam 09.00. Isteri almarhum pun berteriak memanggil tetangga dan mengantarkan sang suami ke RSI PDHI Purwomartani, Kalasan dengan mobil ambulans. Namun, ketika sampai di rumah sakit almarhum diketahui sudah meninggal dunia.

“Setelah mandi tadi pagi sekitar jam 09.00 bapak merasa lemas saat keluar dari kamar mandi. Lalu ibu yang menemani bapak di rumah meminta bantuan tetangga untuk membawa bapak ke rumah sakit. Namun, saat sampai di RSI PDHI Kalasan, bapak diketahui sudah meninggal,” kata Boma Wicaksono, putra kedua almarhum, saat ditemui Bernasnews.com di rumah duka, Jumat (18/9/2020) siang.

Dr Djoko Dwiyanto M.Hum. Foto : jogjaprov.id

Sekitar sebulan lalu, almarhum Djoko Dwiyanto menjabat sebagai Ketua Dewan Kebudayaan DIY periode 2020-2022. Ia dilantik langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Pracimasana pada 11 Agustus 2020. Setelah dilantik, Djoko mengatakan memiliki komitmen untuk mewujudkan upaya untuk menjadikan Sumbu Filosofi DIY sebagai warisan budaya dunia.

Almarhum Djoko Dwiyanto yang sangat ramah dan mudah bergaul dengan siapa pun adalah alumnus S1 Ilmu Budaya UGM lulus tahun 1979, lulus S2 dari fakultas yang sama tahun 2020 dan meraih gelar doktor atau S3 juga dari fakultas yang sama tahun 2006.

Seperti dikutip jogjaprov.go.id, Pengurus Dewan Kebudayaan DIY Masa Bhakti 2020-2022 dikukuhkan dengan Surat Keputusan Gubernur Nomor 60/KEP/2020, tanggal 3 Maret 2020, dengan total anggota Dewan Kebudayaan DIY 32 orang.

Ketika itu, Djoko Dwiyanto mengatakan bahwa pekerjaan yang akan segera dilakukan berdasarkan instruksi Gubernur DIY adalah perwakilan Dewan Kebudayaan ikut dalam rapat bersama Gubernur DIY terkait rumusan kebijakan yang akan diambil dalam kerja sama DIY dengan UNESCO. Kerja sama DIY dan UNESCO ini berkaitan dengan pengajuan sumbu imajiner atau sumbu folisofis Yogyakarta sebagai warisan budaya tak benda dunia.

“Kami tentu akan ikut serta dalam rumusan kebijakan ini. Harapannya, tahun ini penetapan warisan budaya dunia untuk sumbu imajiner ini bisa dilakukan UNESCO,” kata Djoko saat itu.

Pengurus Dewan Kebudayaan DIY Masa Bhakti 2020-2022 yang dikukuhkan Gubernur DIY adalah Dr Djoko Dwiyanto M.Hum sebagai Ketua dan Dr Ir Revianto Budi Santoso M.Arch sebagai Sekretaris. Kemudian, Koordinator Bidang Pertimbangan Dr Lono Lastoro Simatupang MA, Koordinator Komite Pertimbangan Takbenda KPH Notonegoro, Koordinator Komite Pertimbangan Benda Dr Ayu Helena Cornellia BA MSi, Koordinator Bidang Kuratorial Dr G Budi Subanar, Koordinator Komite Kuratorial Takbenda Dr Sumaryono MA dan Koordinator Komite Kuratorial Benda Ir Titi Handayani M.Arch. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here