Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKetoprak ‘Sumilake Pedhut Trigancapura’, Tandai Puncak Peringatan Natal 2021 SMP BOGA

Ketoprak ‘Sumilake Pedhut Trigancapura’, Tandai Puncak Peringatan Natal 2021 SMP BOGA

BERNASNEWS.COM — Meskipun masih dalam situasi pandemic Covid-19, perayaan Natal harus tetap mampu memberi semangat pada warga SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Demikian disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Atun Pratiwi, MPdK dalam puncak peringatan Natal 2021, Rabu (22/12/2021).

Perayaan Natal tersebut diselenggarakan secara online melalui media zoom untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kegiatan diikuti oleh semua siswa, guru dan karyawan SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Juga tamu undangan yang hadir dalam ruang zoom.

“Kegiatan perayaan Natal diawali dengan gerakan silaturahmi dan berbagi kasih kepada sesepuh BOPKRI. Ini kami laksanakan bersama komite, pengurus inti alumni dan Humas SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Kemudian acara berikutnya berupa persembahan yang ditujukan untuk saudara yang terdampak bencana erupsi gunung Semeru,” terang Atun Pratiwi.

Dikatakan, puncak perayaan Natal 2021 ini diisi dengan gelaran karya guru berupa pementasan kesenian ketoprak, dengan judul cerita ‘Sumilake Pedhut Trigancapura’, karya Hendro Hatmoko, SPd. Adapun para pemain ketoprak tersebut adalah beberapa guru, karyawan dan siswa SMP BOGA sebutan akrab SMP BOPKRI 3 Yogyakarta.

Kepala Sekolah SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Atun Pratiwi, MPdK saat menyampaikan pidato sambutandalam puncak peringatan Natal 2021, Rabu (22/12/2021). Foto: Tangkapan Layar.

“Sinopsis atau jalan cerita ketoprak, mengkisahkan kerajaan Trigancapura yang terkena musibah pageblug yang menimbulkan banyak korban kematian rakyatnya. Pada akhirnya raja dan rakyat bertobat sehingga kerajaan terhindar dari pageblug,” beber Atun Pratiwi.

Dalam kesempatan ini, lanjut Atun Pratiwi, juga ditampilkan unjuk gigi dari alumni maupun siswa dari sekolah yang memiliki predikat sebagai sekolah inspirasi dan budaya, sekolah ramah anak. “Juga sekolah berwawasan lingkungan hidup,” ujarnya.

Kegiatan gerakan silaturahmi dan berbagi kasih kepada sesepuh BOPKRI. (Foto: Kiriman Humas SMP BOPKRI 3 Yk)

Penyampaian firman Tuhan dalam perayaan tersebut disampaikan oleh Bapak Pdt. Purwantoro Kurniawan dari GKJ Ambarrukmo. Sementara, isi sambutan dari Ketua Yayasan BOPKRI, Ir. Obed Tripambudi yang menekankan, bahwa SMP BOPKRI 3 Yogyakarta adalah sekolah yang menjadi lokomotif yayasan.

“Untuk itulah SMP BOPKRI 3 Yogyakarta harus selalu mampu berproses menuju perubahan yang tentu saja akan selalu berada dalam pendapingan pengurus Yayasan BOPKRI,” pesan Obed Tripambudi.

Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan SMP BOPKRI 3 Yogyakarta foto bersama usai puncak peringatak Natal 2021 yang diselenggarakan secara daring, Rabu (22/12/2021). Foto: Tangkapan Layar.

Sambutan yang tidak jauh berbeda dengan Ketua Yayasan BOPKRI, disampaikan oleh Pembina Pengawas Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Yogyakarta yang mengatakan, agar SMP BOPKRI 3 Yogyakarta terus berkarya dan selalu menggali talenta yang ada. “Juga tetap ada dalam keunggulan pendidikan karakter dan budaya. Damai Natal selalu ada dalam Keluarga Besar SMP BOPKRI 3 Yogyakarta,” ujarnya. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments