Home Seni Budaya Kesenian Karawitan Tak Luntur di Yayasan Marsudirini Muntilan

Kesenian Karawitan Tak Luntur di Yayasan Marsudirini Muntilan

700
0
Peserta Karawitan TK Theresia - Tingkat SD dari Yayasam Marsudirini, Muntilan, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Euforia HUT ke 74 Kemerdekaan RI sangat terasa di Kecamatan Muntilan, Jawa Tengah. Hari Jumat, 16 Agustus 2019 halaman kantor Kecamatan Muntilan diramaikan oleh Festival Gamelan dan pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Susanto Sadewo. Festival ini diikuti oleh beberapa sekolah di Muntilan, salah satunya sekolah Yayasan Marsudirini yang menjadi peserta dengan penampilan terbaik.

Fidelis Anjalika M siswa SMA Marsudirini Muntilan, kelas XII IPA, kepada Bernasnews.com, menjelaskan, bahwa Yayasan Marsudirini Muntilan memfokuskan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan yang berkelanjutan dari TK sampai SMA, berbeda dengan sekolah lainnya.

“Dengan bimbingan seniman kesenian Jawa, para siswa yang awalnya belum bisa memainkan gamelan ataupun bernyanyi tembang Jawa menjadi bisa dan luwes. Tembang-tembang Jawa yang bernada tinggi dan pelafalannya cenderung sulitpun dapat dinyanyikan dengan indah oleh para murid TK,” terang Fidelis.

Sementara, Supriyono selaku pelatih karawitan Yayasan Marsudirini Muntilan, menambahkan, beberapa lomba karawitan juga sering dijuarai oleh siswa Marsudirini. Sehingga potensi nguri-nguri Budaya Jawa tak dapat diragukan lagi. “Selain dapat menjaga dan melestarikan kesenian Jawa, kegiatan karawitan juga melatih kekompakan, percaya diri, dan sportifitas dalam bermain gamelan. Dan setidaknya anak-anak TK Theresia bisa satu lagu saat lulus nanti,” imbuh Supriyono. (zbd/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here