Home News Kerusakan Pipa PDAM Tirtamarta Akibat Lahar Dingin Merapi Langsung Diperbaiki

Kerusakan Pipa PDAM Tirtamarta Akibat Lahar Dingin Merapi Langsung Diperbaiki

178
0
Perbaikan pipa saluran air minum oleh Bagian Teknik PERUMDA Tirtamarta Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Berkenaan dengan terjadinya gangguan aliran air minum PDAM Tirtamarta Yogyakarta yang disebabkan oleh lahar dingin di wilayah lereng Merapi, Kabupaten Sleman. Sehingga hal tersebut juga menyebabkan terganggunya pelayanan air minum kepada pelanggan, khususnya daerah Jalan Kaliurang.

Kepala Divisi Humas PDAM Tirtamarta Yogyakarta Joko Sunarto, SH mengungkapkan, bahwa kejadian yang menimpa jaringan pipa air minum dan telah dibetulkan sejak, Kamis (2/12/2021) lalu telah selesai tidak lebih dari3 hari.

“Tinggal nunggu nyepai dan buang angin yang ada di dalam pipa. Nyepai adalah proses pembuangan air supaya air tidak coklat dan proses ini juga butuh waktu,” jelas Joko, saat dikonfirmasi karena adanya beberapa pembaca yang menanyakan gangguan PDAM itu, Sabtu (4/12/2021).

Sementara itu, Direktur Utama PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta Majiya, SE, MM menambahkan, bahwa upaya perbaikan jaringan pipa air minum tersebut bisa selesai 3 hari. Kendati jika masih ada permasalahan pihaknya juga menyiapkan armada tengki untuk melayani sekelompok konsumen/ pelanggan PDAM yang membutuhkan penggiriman air minum dan gratis.

“Gangguan pengiriman air minum kepada pelanggan selain factor alam, akibat banjir atau longsor juga ada proses perpindahan dari pipa lama ke pipa baru. Sementara untuk kejadian yang di atas (lereng Merapi) sudah terkondisi,” ungkap Majiya.

Selain itu, imbuh Majiya, kebetulan juga ada kejadian tanah longsor di dekat Jembatan Gambiran, serta di Jalan Batikan (Kalimambu). Sehingga pipa milik PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta yang melintasi wilayah itu juga terdampak. “Tapi semua telah dikordinasikan dengan pihak terkait, termasuk dengan Dinas PU Kota Yogyakarta,” pungkasnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here