Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKeraton Yogyakarta Tolak Lepas Sultan Ground untuk Tol, tapi Tawarkan Hal Ini

Keraton Yogyakarta Tolak Lepas Sultan Ground untuk Tol, tapi Tawarkan Hal Ini

bernasnews.com – Pihak Keraton Yogyakarta menolak melepas Sultan Ground untuk proyek tol yang tengah direncanakan. Penolakan tersebut disampaikan oleh Penghageng Tepas Panitikismo atau Kepala Pertanahan Keraton Jogja GKR Mangkubumi.

GKR Mangkubumi mengatakan bahwa tidak ingin ada Sultan Ground yang dilepas maupun hilang atas rencana proyek tol yang melewati sejumlah wilayah di Yogyakarta tersebut.

“Yang pasti kita enggak mau ada pelepasan (Sultan Ground),” kata Mangkubumi saat ditemui di Kompleks Kepatihan pada Kamis (14/4/2022).

“Kami tidak mau tanah kami hilang,” imbuhnya.

Kementerian PUPR masih bisa memanfaatkan Sultan Ground tersebut untuk pembangunan tol. GKR Mangkubumi menegaskan bahwa mereka akan menggunakan sistem hak pakai tanpa sewa. Tentu saja dipertegas dengan pwnolakan untuk melepas Sultan Ground.

“Ya pakai saja, yang penting tanah kami tidak hilang. Ya monggo saja kalau mau sistem itu monggo. Kalau nggak kita nggak perlu jalan tol,” katanya.

Ketika ditanyai soal berapa luas Sultan Ground yang terkena imbas dari proyek tol tersebut, putri Sri Sultan HB X tersebut belum bisa memastikan.

“Belum tahu seberapa luas, banyak totalnya. Karena masih ada yang tahap pembebasan,” katanya.

Sebagaimana diketahui di Yogyakarta bakal segera dibangun jalan tol kurang lebih 3 jalur yaitu Yogyakarta – Solo, Yogyakarta – Bawen, dan Yogyakarta – Yogyakarta International Airport (YIA). Proyek tol tersebut sudah memasuki tahap groundbreaking adalah Tol Jogja-Bawen seksi 1.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments