Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKeputusan soal Tarif Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Ditunda

Keputusan soal Tarif Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Ditunda

bernasnews.com – Keputusan soal tarif naik ke Candi Borobudur Rp 750 ribu akhirnya ditunda. Hal tersebut dilakukan atas kesepakatan antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam keterangannya, Ganjar Pranowo meminta agar keputusan tarif naik ke Candi Borobudur ditunda. Hal ini mengingat ada banyak protes yang dilayangkan dan menghebohkan publik.

Saya sampaikan terkait yang di Borobudur tiket itu ramai. Saya sampaikan ke beliau (Luhut) banyak yang protes,” kata Gubernur Jawa Tengah pada Selasa (7/6/2022).

Menurut Ganjar, wacana soal tarif naik candi tersebut perlu diendapkan terlebih dahulu dan juga perlu melihat beberapa skema dan aspek yang dalam hal ini juga perlu ditindaklanjuti sejumlah stakeholder seperti TWC hingga Balai Konservasi Candi Borobudur.

“Menurut saya diendapkan dan beliau setuju soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu dan memang TWC sama Balai Konservasi sedang komunikasi dan tidak perlu resah,” katanya.

Terkait dengan hal itu, Ganjar menyampaikan bahwa Pemda dalam hal ini masih mencari skema terbaik terkait dengan rencana upaya konservasi untuk Candi Borobudur. Menurut dia perlu ada regulasi yang tepat untuk mengatur hal itu.

“Kita masih menata terus dan kita carikan skema yang pada prinsipnya kita mesti atur semua yang mau naik ke candi. Apakah kemudian dengan kuota, apakah kemudian dengan salah satu (skema) harga yang itu kita postpone dulu. Pak menteri sudah menyampaikan ‘Pak gub untuk yang itu kita postpone dulu agar tidak terjadi cerita yang kemana-mana’,” papar Ganjar.

“Karena itu memang setelah putusan TWC menyampaikan ‘kami akan tindak lanjuti dengan balai’. Artinya itu butuh pranata regulasi, kemudian kelayakan tarif yang ada. Mekanismenya akan didiskusikan,” pungkasnya. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments