Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKepsek SMKN 2 Yogyakarta: Kunci SMK adalah Industri yang Respek Pendidikan

Kepsek SMKN 2 Yogyakarta: Kunci SMK adalah Industri yang Respek Pendidikan

bernasnews.com — PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Bersama SMK Negeri 2 Yogyakarta menggelar rangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan penandatanganan MoU Kelas Industri, Rabu (16/3/2022), di aula sekolah, Jalan AM Sangaji, Yogyakarta.

Hadir dari PT. HMASI yakni, Erwin Walesa selaku Human Capital Divison Head; Pieter Andre selaku Hino Training Division Head dan Ketua LPK PT. HMSI; Suyadi selaku Technician Training dan LSP/ LPK Dept Head, serta Firman selaku Customer & Training Development Section Head.

Kegiatan CSR diawali dengan seminar Advance Technology tentang Technology Commonrail Motor Diesel yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh SMK di Kota Yogyakarta, yang memiliki kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif yang tergabung dalam MGMP TKRO Kota Yogyakarta. Seminar ini dari paparan materi teori sampai dengan praktik menggunakan unit truck Hino yang didatangkan khusus ke SMK N 2 Yogyakarta.

Suasana seminar r Advance Technology tentang Technology Commonrail Motor Diesel yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh SMK di Kota Yogyakarta yang tergabung dalam MGMP TKRO Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Acara seminar dibuka oleh perwakilan dari PT. HMSI, Pieter Andre selaku Hino Training Division Head & Ketua LPK PT. HMSI. Sedangkan dari pihak SMK Negeri 2 Yogyakarta oleh Sumadi, SPd, MPd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri.

“Sengaja kami CSR-kan kali ini pengetahuan teknologi terbaru tentang mesin diesel commonrail dan APD praktik bagi guru SMK Otomotif pada tahun pertama ini,” ungkap Firman selaku Instruktur Training dalam seminar CSR PT. HMSI.

Perwakilan guru Otomotif dari beberapa SMK yang hadir dalam seminar menyampaikan hal yang senada, bahwa ilmu teknologi Commonrail Diesel ini sangat bermanfaat untuk upgrade pengetahuan bagi guru Otomotif di Kota Yogyakarta.

“Seminar CSR oleh PT. HMSI berupa ilmu teknologi Commonrail Diesel ini sangat bermanfaat untuk upgrade pengetahuan bagi guru Otomotif di Kota Yogyakarta,” kata Ngadini selaku perwakilan peserta guru SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Peserta seminar foto bersama usai kegiatan di depan gedung sekolah SMK Negeri 2 Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Acara diakhiri dengan penandatangan MoU antara SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan PT. HMSI. Penandatangan MoU dilaksanakan oleh Kepala SMK Negeri 2 Yogyakarta Dodot Yuliantoro, SPd, MT dan dari pihak PT. HMSI diwakili oleh Erwin Walesa selaku Human Capital Division Head.

Berikut isi MoU kerja sama yang saling menguntungkan, bahwa dalam penyiapan SDM/man power perusahaan melalui seleksi, PKL dan training yang akhirnya SDM siap pakai, yang diselenggarakan bulan Juli 2022. Siswa kelas XII SMK N 2 Yogyakarta yang akan diseleksi menjadi peserta PKL/ magang di PT. HMSI.

Selanjutnya, pada bulan September 2022 – Februari 2023 siswa yang lolos akan PKL/ magang dan setelah lulus dapat langsung menjadi karyawan PT. HMSI. “Kunci dari SMK adalah mitra industri yang sangat respek terhadap pendidikan. Seperti saat ini PT. HMSI memilih SMK N 2 Yogyakarta sebagai salah satu mitra dalam penyiapan SDM perusahaan, sehingga sejalan dengan instruksi dari Dirjen Vokasi SMK harus link and supermatch dengan industry,” terang Dodot Yuliantoro. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments