Home News Kepala Daerah Diminta Memperbanyak Program Padat Karya

Kepala Daerah Diminta Memperbanyak Program Padat Karya

78
0
Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada para Gubernur di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Rabu (15/72020). Foto: BPMI

BERNASNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah di seluruh Indonesia untuk memperbanyak program padat karya. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat, terutama yang terdampak Covid-19, di masa pandemi Covid-19.

Untuk keperluan tersebut, Presiden Jokowi meminta para kepala daerah untuk memanfaatkan atau mengalokasikan anggaran dari APBD.

Di masa pandemi ini, saya meminta para kepala daerah untuk memanfaatkan APBD mereka dalam membantu masyarakat di lapisan bawah yang terdampak pandemi. Salah satu caranya ialah dengan memperbanyak program-program padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan di daerah,” tulis Presiden Jokowi dikutip Bernasnews.com dari akun twitter @jokowi pada Kamis 15 April 2021.

Terkait anggaran, menurut Presiden Jokowi, para kepala daerah cukup membuat beberapa kegiatan besar dengan anggaran yang terkonsentrasi ke kegiatan tersebut daripada membagi-baginya ke banyak kegiatan kecil. Dengan demikian, hasilnya akan bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 dan menjelang hari raya Idul Fitri 1442H.

Presiden juga secara khusus meminta para kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2020bahwa jabatan yang dipegang merupakan suatu kehormatan dan tanggungjawab besar.

Karena itu, menurut Presiden Jokowi, para kepala daerah tidak boleh bekerja hanya mengikuti rutinitas belaka tapi harus berorientasi pada hasil. Para kepala daerah jangan puas dari laporan saja, tapi harus ke lapangan.

Para kepala daerah yang terpilih di Pilkada Serentak 2020, saya ingatkan: jabatan itu adalah kehormatan dan tanggung jawab besar. Mereka bekerja tidak boleh mengikuti rutinitas belaka, tapi berorientasi pada hasil. Jangan puas dari membaca laporan saja, tapi harus ke lapangan,” kata Presiden Jokowi.

Daniel Ginting, salah satu netizen, mendukung apa yang disampaikan Presiden Jokowi. Apalagi Presiden Jokowi sudah memberikan contoh dan teladan yang baik kepada seluruh kepala daerah, tidak sekadar bekarta-kata belaka. Karena itu, Daniel Ginting berharap agar para kepala daerah mau dan berniat mengikuti contoh yang diberikan Presiden Jokowi demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Mantap pak. Bpk sudah memberikan contoh dan teladan yang baik kepada seluruh kepala daerah tidak sekedar berkata-kata belaka semoga para kepala daerah mau dan niat mencontoh teladan yang sudah bpk berikan demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. #SelamatBerpuasa bpk,” komentar Daniel Ginting dikutip Kabar Joglosemar dari akun twitter @danielgintingm pada Kamis 15 April 2021.

(lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here