Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKementerian PUPR melalui BPPW DIY Bakal Tingkatkan Kapasitas TPA Piyungan

Kementerian PUPR melalui BPPW DIY Bakal Tingkatkan Kapasitas TPA Piyungan

bernasnews.com – Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Piyungan di Sitimulyo, Piyungan, Kabupaten Bantul menuai sorotan usai adanya aksi tuntutan warga agar ditutup permanen. Sebagaimana diketahui, kondisi timbulan sampah yang masuk rata-rata sudah mencapai 700 ton/hari dan terus meningkat setiap harinya.

Kini, TPA Piyungan masih menggunakan lahan eksisting seluas 12,5 hektar. Wakil Kepala Dinas PU ESDM DIY, Kusno Wibowo mengatakan Balai Prasana Permukiman Wilayah (BPPW) DIY sudah dilakukan optimalisasi dan penataan TPA Piyungan untuk mengoptimalkan kapasitas yang tersedia.

“Dalam rangka pengoptimalan TPA Piyungan eksisting, Kementerian PUPR melalui BPPW DIY telah melaksanakan peningkatan kapasitas TPA Piyungan dengan melakukan penataan sel sampah membentuk terasering, optimalisasi Instalasi Pengolahan Lindi, dan perbaikan sarana prasarana di sel eksisting TPA Piyungan,” katanya pada Selasa (10/05).

Adapun saat ini pengembangan untuk penataan kembali TPA Piyungan telah melalui sejumlah proses. Sejauh ini pengerjaan yang dilakukan diantaranya pemasangan pipa lindi, pekerjaan jalan inspeksi di sel eksisting, pemasangan listrik untuk instalasi pengolahan lindi, dan pekerjaan drainase permukiman.

Pemerintah Daerah DIY pun berencana untuk mengembangkan TPA Piyungan agar tetap dapat terus beroperasi untuk mengelola sampah dari Kartamantul. Adapun dua rencana pengembangan TPA Regional Piyungan diantaranya pengembangan menggunakan pengolahan berdasarkan teknologi.

“Pengembangan ini direncanakan akan menggunakan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU),” ujarnya.

Selain pengembangan TPA Piyungan dengan skema KPBU, Pemda DIY merencanakan pembangunan TPA Transisi Regional Piyungan sebagai tempat pengolahan sampah baru. Hal itu mempertimbangkan TPA eksisting sudah tidak bisa menerima sampah di akhir tahun 2022 dan pengembangan dengan skema KPBU baru beroperasi di tahun 2026.

“TPA Transisi Regional Piyungan dengan luasan 2,1 Ha direncanakan akan mulai bisa dioperasikan di akhir Bulan Agustus 2022. Dalam penyiapan pelaksanaan pembangunan TPA Transisi, dibutuhkan tenaga kerja dan peralatan yang cukup banyak. Berdasarkan arahan dari Bapak Gubernur DIY bahwapelaksanaan TPA Transisi diminta untuk memaksimalkan potensi dan partisipasi dari warga setempat TPA Piyungan,” sebut Kusno.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments