Home News Kementerian PUPR Bangun Jembatan Gantung di Sejumlah Pedesaan

Kementerian PUPR Bangun Jembatan Gantung di Sejumlah Pedesaan

55
0
Jembatan Gantung Makammu II di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Untuk membantu mobilitas orang dan barang dalam aktivitas sehari-hari di perdesaan, Kementerian PUPR membangun jembatan gantung di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah Jembatan Gantung Makammu II di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hdimulyono, jembatan ini menghubungkan Desa Moncongkomba dengan Desa Su’rulangi dan Kelurahan Bulukunyi di Kecamatan Polombangkeng Selatan. Jembatan sepanjang 60 meter dan lebar 4,5 meter ini membentang di atas Sungai Bulukunyi. Struktur jembatan berupa jembatan gantung baja, di mana kekuatannya mengandalkan sling hanger sebagai perkuatan di lantainya.

Sesuai peruntukannya, menurut Menteri PUPR yang dilansir Bernasnews.com di akun instagram @kemenpupr, jembatan gantung pejalan kaki ini hanya boleh dilintasi oleh warga yang berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan roda dua.

“Keberadaan jembatan ini memberikan manfaat bgi warga dalam menjalankan aktivitas, seperti mempermudah akses dari dan menuju areal pertanian sehingga dapat memaksimalkan produksi pertanian,” kata Menteri PUPR.

https://www.instagram.com/kemenpupr/

Menanggapi cuitan Menteri PUPR tersebut, seorang waranet Soepomo di akun @soepomo98 menyarankan agar pondasi/ pilecap jembatan diperkuat. Sebab selama ini terbukti begitu ada banjir bandang rata-rata tidak mampu bertahan. Sehingga a ke depan jembatan gantung diharapkan tahan banjir bandang.

“Min ijin n maaf ,tolong diperhatikan n diperkuat pondasi / pilecapnya.Terbukti begitu ada banjir bandang rata2 ga mampu bertahan,semoga kedepan jembatan gantung tahan banjir bandang,Aamiin YRA,” saran Soepomo.

Sementara Ali Yusuf di akun @aliyusuf_fingerstyle menanyakan kapan jempatan di Aceh Singkil menuju desa Bukit Harapan diperbaiki, karena jembatan tersebut bolong-bolong sehingg banyak korban terperosok. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here