Home Ekonomi Kemenkop dan UKM RI Memperbaiki Ekosistem Kemudahan Usaha

Kemenkop dan UKM RI Memperbaiki Ekosistem Kemudahan Usaha

68
0
Jajaran tamu undangan saat Tasyakuran Harkop ke-73, dari DEKOPINDA, ABSINDO dan FK3Y Kota Yogyakarta (Foto : Agus Susanto)

BERNASNEWS.COM – Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mengatakan bahwa ada sejumlah inisiatif yang sedang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk penguatan dan modernisasi koperasi. Pertama, melakukan perbaikan ekosistem kemudahan usaha yang memungkinkan koperasi bisa mengakses pasar yang lebih luas, pembiayaan serta pengembangan kapasitas usaha seluas-luasnya.

Kedua, Kementerian sedang menyusun Strataegi Nasional UMKM dan Koperasi, yaitu instrumen kebijakan yang dapat mewadahi kerja kolaboratif seluruh pemangku kebijakan. Ketiga, turbulensi ekonomi masa pandemi Cobid 19 memberikan pembelajaran berharga bahwa koperasi sektor keuangan atau simpan pinjam sangat rentan dan mudah terkontraksi dan eskalasi tersebut.

Hal itu disampaikan Teten Masduki dalam sambutan tertulis yang dibacakan H Sisruwadi SH M.Kn, Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans dalam tasyakuran memeringati Hari Koperasi (Harkop) ke-73 tahun 2020 Kota Yogyakarta di Ruang Rapat Ongkowijo Lantai II Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans, Kota Yogyakarta, Senin (13/7/2020) pagi.

Tasyakuran yang digagas oleh Bidang Koperasi ini dihadiri oleh H Sisruwadi SH M.Kn, Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Nakertrans Kota Yogyakarta, Iskandar SE selaku Ketua Dekopinda Kota Yogyakarta, jajaran dan staf Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrnas Kota Yogyakarta.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng oleh Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans dan diserahkan kepada Ketua Dekopinda Kota Yogyakarta. “Terima kasih kepada Pemerintah Kota Yogyakarta dan Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans Kota Yogyakarta yang sudah mengapresiasi Hari Koperasi di Kota Yogyakarta,” ucap Sisruwadi.

Sementara Iskandar SE, Ketua Dekopinda Kota Yogyakarta, mengatakan, pada masa pandemi Covid 19 ini, Koperasi harus ada inisiatif dan inovasi serta tetap menjalankan operasional Koperasi dengan protokol kesehatan, walaupun penurunan dalam aktivitas simpan pinjam. “Marilah kita para penggiat Koperasi untuk berusaha agar tetap eksis di era ini dan tetap yakin serta bersemangat dalam berkoperasi,” kata Iskandar.

Hadir dalam syukuran Hari Koperasi ke 73 ini perwakilan dari Dekopinda (Dewan Koperasi Pimpinan Daerah) Kota Yogyakarta, FK3Y (Forum Komunikasi Koperasi Kota Yogyakarta) dan ABSINDO Kota Yogyajarta (Asosiasi BMT se-Indonesia Kota Yogyakarta) serta jajaran staf dari Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans. (Agus Susanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here